Berita DeputiFotoDeputi 2

Adakan Rapat Kerja Teknis, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Bahas Program Prioritas dan IKU Tahun 2021

Dibaca: 22 Oleh Selasa, 9 Februari 2021Maret 1st, 2021Tidak ada komentar
Adakan Rapat Kerja Teknis, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Bahas Program Prioritas dan IKU Tahun 2021
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-71/HUM/ROKOM / SET.MARVES/II/2021

Marves – Bogor, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) untuk membahas program prioritas dan Indikator Kinerja Utama (IKU) bidang sumber daya maritim. Rakernis ini diadakan sebagai implementasi dari akuntabilitas kinerja untuk mencapai target RPJMN 2020-2024 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. Rapat ini dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Safri Burhanuddin pada Senin (08-02-2021) hingga Rabu (10-02-2021) yang diadakan secara luring dan daring.

“Rakernis ini menjadi titik tolak kita selama satu tahun ke depan untuk bekerja. Melalui rakernis yang kita adakan ini, kita akan melakukan koordinasi dan sinkronisasi mengenai berbagai macam program kerja kita. Ini juga menjadi kesempatan kita dengan mitra utama dalam bekerja, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menyelaraskan program kerja dan target selama setahun ke depan,” ujar Deputi Safri dalam pembukaannya.

Rakernis yang di moderatori oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Elvi Wijayanti membahas mengenai tiga hal utama, yaitu pengawalan IKU dan target prioritas nasional 2021, pengawalan proyek prioritas strategis atau major project di tahun 2021, dan kegiatan prioritas Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim dalam mendukung target Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di sektor kelautan dan perikanan. Ketiga hal yang dibahas dalam rapat ini merujuk pada arahan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024 dan juga arahan Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Program Strategis Infrastruktur Di Kementerian PUPR

Pengawalan IKU dan target prioritas nasional 2021 berdasdarkan RPJMN 2020-2024 terbagi menjadi agenda pembangunan 1 untuk memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan. Kemudian yang lainnya adalah agenda pembangunan 6 yang berfokus untuk membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim. IKU dan target prioritas nasional ini nantinya disandingkan dengan target RKP 2021.

Selain pembahasan mengenai pengawalan IKU dan target prioritas nasional 2021 yang dilihat melalui agenda pembangunan, dilakukan juga pengawalan untuk proyek prioritas strategis atau major project. Deputi Safri memaparkan, bahwa ada tiga proyek yang perlu diperhatikan dan di kawal.

“Proyek besar kita itu seperti revitalisasi tambak di kawasan sentra produksi udang dan bandeng, integrasi pelabuhan perikanan dan fish market dengan taraf internasional, dan penguatan jaminan usaha dan 350 korporasi petani dan nelayan. Ini perlu kita kawal dengan baik, supaya seluruh program besar kita mencapai target yang sudah ditentukan pada RPJMN 2020-2024,” lanjut Deputi Safri memaparkan.

Untuk mendukung target RKP 2021, terdapat kegiatan 21 program prioritas di Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim. Beberapa diantaranya, yaitu adanya pembangunanan Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN), penyelesaian rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K), monitoring dan evaluation dari pengembangan Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya, pengelolaan produksi dan nilai tukar perikanan tangkap yang berkelanjutan, peningkatan produksi perikanan budidaya, pengelolaan mutu produk kelautan dan perikanan, produksi garam nasional, pengelolaan MA CITES jenis ikan oleh KKP, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Kemenko Marves Tinjau Percepatan Pembangunan di Kepulauan Mentawai

Hadir dalam rakernis ini, Direktur Kelautan dan Perikanan Sri Yanti, memaparkan tentang RKP 2021, integrasi pendanaan program dan overview 2020 serta perkiraan dampak pandemi pada 2021-2022. Selain itu, perwakilan dari Kepala Biro Perencanaan KKP Isqak Edi Pramono juga menyampaikan informasi penting mengenai sasaran strategis dan IKU KKP pada 2021, serta program terobosan KKP pada 2021-2024 yang salah satunya adalah peningkatan PNBP dari perikanan tangkap. Kemudian hadir juga Kepala Biro Perencanaan Kemenko Marves Arif Rahman dan para pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV, dan staf dari Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel