FotoSiaran Pers

Adakan Resensi Film “Summer Salt”, Kemenko Marves Dukung Peningkatan Literasi Maritim Melalui Film Bagi Generasi Muda

Dibaca: 40 Oleh Rabu, 22 September 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 09 22 at 08.42.35
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-592/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2021

Marves – Jakarta, Pekan Literasi Maritim untuk menyambut Hari Maritim Nasional ke-57 tahun 2021, masih berlangsung. Kali ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan Resensi Film “Summer Salt” yang diproduksi oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) (22-09-2021). Resensi film ini dilakukan sesuai dengan adanya gagasan utama dari perayaan Hari Maritim Nasional tahun 2021, yaitu pentingnya peran literasi maritim, terutama bagi generasi muda dalam rangka memperkuat identitas bangsa kita sebagai bangsa maritim.

“Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat terkait isu-isu, peluang dan potensi sumber daya kemaritiman Indonesia, terutama bagi generasi muda. Film jadi wadah yang tepat dalam memberikan literasi kemaritiman bagi generasi muda Indonesia,” ujar Kepala Biro Perencanaan (Karoren) Kemenko Marves Arif Rahman.

Film “Summer Salt” mengangkat cerita mengenai aspek kemaritiman Indonesia. Melalui film ini diceritakan mengenai kehidupan masyarakat pesisir di wilayah Cirebon, Jawa Barat dan petambak garam di Pamekasan, Jawa Timur.

Baca juga:  Menko Marves Rapat Tentang Nelayan

“Kita coba kemas ceritanya semenarik mungkin dan kita ambil cerita soal gadis muda setempat mencari jati diri dengan menyusuri kembali sisi kehidupan dan asal-usulnya yang lama hilang,” ujar Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Madya KKP Zaki Mahasin.

Media berupa film menjadi sarana yang tepat dan strategis dalam mengakomodir literasi maritim bagi generasi muda. Pencarian jati diri, petualangan dan eksplorasi adalah tiga hal yang berkaitan erat dengan kehidupan anak-anak muda. Sehingga, film ini mampu membangun ikatan emosional yang kuat dengan audiens, dan dengan demikian juga dapat memikat dan mengedukasi para penonton dengan cara yang lain dari yang lainnya.

“Pembuatan film ini didukung sekali oleh pemerintah, terutama dari Ditjen PRL KKP, sekaligus juga dari Kemenko Marves. Harapannya memang anak muda banyak nonton film ini, supaya lebih sadar dan peduli kepada bangsanya,” kata Produser “Summer Salt” Fajar Nur Ramadhan.

Karoren Arif berpesan agar karya-karya kreatif seperti ini dapat terus diproduksi dan dikembangkan, tentunya dengan semangat kolaborasi antara kreativitas generasi muda dan pemberdayaan masyarakat. “Saya yakin, dengan semakin diperkuatnya literasi maritim, akan semakin cepat pula kita dalam memajukan sektor maritim nasional. Maritim Kuat, Indonesia Hebat!”

Baca juga:  Dukung #EksotismeLombok, Menko Marves: Potensi Produk Indonesia Begitu Kuat Diminati Pasar Mancanegara

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel