Deputi 4Siaran Pers

Antisipasi Masa Pandemi Covid-19, Implementasi Program Penanganan DAS Citarum Tetap Berjalan

Dibaca: 824 Oleh Sabtu, 23 Mei 2020Mei 26th, 2020Tidak ada komentar
Antisipasi Masa Pandemi Covid-19, Implementasi Program Penanganan DAS Citarum Tetap Berjalan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Pelaksanaan program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum sebagaimana telah diamanatkan oleh Perpres 15 Tahun 2018 masih tetap dilaksanakan meskipun dalam suasana pandemi Covid-19. Namun demikian, dalam pelaksanaan program di lapangan tetap menyesuaikan dengan protokol kesehatan dalam pengendalian Covid-19, termasuk mengurangi aksi yang melibatkan masyarakat secara massal.

Selain melaksanakan program-program sebagaimana yang telah direncanakan, Satgas DAS Citarum yang didukung oleh para Komandan Sektor dan anggota TNI di lapangan juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pandemi Covid-19 dan pentingnya budaya hidup bersih dan sehat, serta secara aktif melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan warga sekitar sungai, juga memberikan bantuan seperti masker, hand sanitizer serta paket sembako bagi masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat wabah pandemi ini.

Pada awal bulan April 2020 telah terjadi bencana banjir Sungai Citarum di wilayah Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Dayeuhkolot dan Kecamatan Bojong Soang. Akibat bencana banjir ini terdapat sekitar 15.265 jiwa (3.715 KK) yang terdampak dan 223 jiwa di antaranya telah berada di lokasi pengungsian.

Baca juga:  Menko Luhut: Jika Proses Reklamasi ditunda Proses Penurunan Jakarta Akan Terus Berlanjut

Sebagai bentuk kepedulian terkait penanganan Covid-19 juga bagi masyarakat yang menjadi korban bencana banjir, Plt Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendiarti mewakili Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyerahkan bantuan berupa 20.000 unit masker dan 50 liter hand sanitizer yang ditujukan khususnya kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan, para Anggota Satgas yang bekerja di lapangan dan juga masyarakat. Acara serah terima ini secara simbolis diselenggarakan pada Rapat Koordinasi Penanganan DAS Citarum melalui Video Conference pada Jumat (08/05/2020).

Revisi Anggaran Tahun 2020 dan Penyesuaian Rencana Aksi

Tahun 2020 ini, yang merupakan tahun ke-3 penanganan DAS Citarum seyogianya merupakan periode yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan yang memerlukan dukungan anggaran yang cukup besar. Namun adanya pandemi Covid-19 telah mengakibatkan pengurangan anggaran yang sangat signifikan.

Kebijakan melakukan refocusing anggaran pemerintah tahun 2020 untuk penanggulangan dampak Covid-19 memberikan dampak pada perubahan rencana kegiatan dan anggaran yang sebelumnya telah dialokasikan oleh K/L dan Pemerintah Daerah dalam penanganan DAS Citarum.

Baca juga:  Pekan Kebudayaan Nasional Jadi Ruang Bersama Indonesia Bahagia

Tercatat bahwa alokasi anggaran yang sudah dianggarkan melalui beberapa K/L dan Pemerintah Daerah sebagai hasil refocusing hanya tersisa sekitar 15% dari dari anggaran sebelumnya, atau bahkan hanya sekitar 7% dari kebutuhan anggaran tahun 2020 sebagaimana tertuang dalam Rencana Aksi DAS Citarum 2019-2024.

“Adanya refocusing anggaran pemerintah pada masa pandemi serta beberapa tahun kedepan akan mempengaruhi capaian kinerja penanganan DAS Citarum sebagaimana ditargetkan dapat selesai selama 7 tahun (2019-2024),” jelas Plt Deputi Nani.

Oleh karena itu, melalui serangkaian rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Kemenko Marves bersama Satgas DAS Citarum selama masa Work From Home (WFH) ini, telah disepakati beberapa strategi dan langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam jangka pendek yaitu sebagai berikut:
1. Melakukan penyesuaian kegiatan berdasarkan alokasi anggaran yang masih tersedia, serta mendorong pelaksanaan kegiatan yang menjadi prioritas secara efektif dan efisien;
2. Melaksanakan kegiatan di lapangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19;
3. Menyusun prioritas dan melaksanakan rencana kegiatan yang tidak memerlukan anggaran besar namum memiliki dampak besar terhadap masyarakat dan pencapaian kinerja Penanganan DAS Citarum;
4. Mendorong sumber pendanaan lain di luar APBN dan APBD, termasuk berkolaborasi dengan mitra (swasta);
5. Mengoptimalkan pelaksanaan program di DAS Citarum melalui program padat karya yang saat ini didorong oleh pemerintah sebagai strategi pemulihan ekonomi masyarakat.
6. Melakukan review dan penyesuaian Dokumen Rencana Aksi DAS Citarum 2019-2024.

Baca juga:  Menko Luhut B. Pandjaitan Meeting bersama Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta

“Kita menyadari bahwa anggaran pemerintah untuk tahun ini dan beberapa tahun kedepan akan fokus pada upaya mengembalikan kondisi ekonomi nasional pasca pandemi covid-19, sehingga skenario perencanaan penanganan DAS Citarum pun harus ditinjau ulang. Namun demikian, kita masih tetap optimis dan semangat untuk mengawal dan mendorong perbaikan kualitas ekosistem DAS Citarum sesuai dengan target 7 tahun sebagaimana telah dimandatkan oleh Presiden Joko Widodo,” pungkas Plt Deputi Nani.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Plt Kepala Biro Komunikasi : (Andreas D. Patria-085776137116)

Instagram : @kemenkomarves
Twitter : @kemenkomarves
Facebook : Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel