ArtikelBerita

Bahas Kualitas Pelaporan, Kemenko Marves Tingkatkan Penulisan Yang Efektif

Dibaca: 31 Oleh Senin, 20 September 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 09 20 at 15.25.32
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-587/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2021


Maritim – Jakarta,
Dalam rangka meningkatkan kualitas penyusunan pelaporan di lingkup Kemenko Marves, Biro Perencanaan (Roren) melaksanakan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Analisis Data dan Menulis Efektif”. Acara ini dipimpin oleh Kepala Roren (KaRoren) Arif Rahman.

“Kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas isi pelaporan sebagai implementasi dari SAKIP Kemenko Marves melalui komponen Pelaporan,” kata KaRoren Arif membuka acara, Senin (20/09/2021).

KaRoren Arif memaparkan bahwa dalam peningkatkan kualitas pembuatan suatu laporan, perlu diperhatikan penggunaan bahasa yang baik, jelas dan teratur. Bahasa yang baik tidak berarti bahwa laporan itu mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan, melainkan dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kata dengan kata yang lain dan antara satu kalimat dengan kalimat lain.

“Oleh karena itu perlu kita pelajari bersama bagaimana cara menulis yang efektif,” ujarnya.

Selain penggunaan bahasa, dalam penyusunan laporan perlunya data dukung yang tentunya sudah dianalisis terlebih dahulu. Analisis data itu sendiri bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai data-data yang kita perloleh, sehingga dapat dipahami oleh orang lain

“Pada pertemuan hari ini, para peserta akan diberikan pemahaman mengenai menulis efektif serta diberikan juga gambaran mengenai Analisis data yang akan dituangkan dalam laporan, sehingga kualitas pelaporan lingkup Kemenko Marves menjadi lebih baik,” jelasnya.

“Terima kasih kepada para peserta yang sama-sama selalu ingin berupaya meningkatkan nilai SAKIP khususnya pada kemampuan penyusunan laporan. Harapannya dengan mengikuti bimtek ini dapat menjadi bekal dalam penyusunan laporan kedepannya,” pungkas KaRoren Arif.

Adapun pada kegiatan kali ini, Kepala Bagian (Kabag) Akuntabilitas Kinerja RoRen Yetri Fermila menjelaskan bahwa peserta terdiri dari bagian program dan administrasi umum masing-masing unit kerja. “Sebab, kegiatan analisis data dan penuangan/menulis tidak membedakan antara laporan kinerja dan kaporan kegiatan,” ujarnya.

Acara ini pun dihadiri oleh Narasumber yang berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rochman Nurhakim yang mengungkapkan bahwa dirinya kagum dengan bagaimana KaroRen Arif sebagai pimpinan sangat concern terhadap pengelolan kinerja di organisasi khususnya di bidang SAKIP dan terutama pada bidang laporan.

“Saya melihat semangat yang sangat besar dan merupakan sebuah keberuntungan bagi teman-teman di Kemenko Marves untuk menggunakan kesempatan besar ini,” pungkas Rochman.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Baca juga:  Menko Maritim : Investor Harus gandeng Partner Lokal

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel