Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Bakal Ada Pasar Malam Bawah Laut Kepulauan Seribu

By 26 Jan 2016 14:29Berita
safri32

Jakarta – Melengkapi keindahan Kepulauan Seribu sebagai Indonesia Reef Garden, Kemenko Maritim akan menaruh sepuluh ribu kerang Kimah (kerang raksasa) di kawasan itu.

“Kerang Kimah (kerang raksasa) yang sudah langka ini, hidup ratusan tahun dan dapat berkembang sangat besar. Yang menarik, Kimah tersebut dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari,” kata Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim, Kemenko Bidang Maritim dan Sumberdaya Safrie Burhanuddin saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Safri menjelaskan, kalau kerang Kimah ini dibuka, akan mengeluarkan cahaya, karena mengandung fosfor. “Coba kita bayangkan kalau ribuan Kimah itu dikelompokkan, dan mengeluarkan cahaya bersama-sama. Betapa indahnya Kepulauan Seribu di waktu malam,” imajinasinya.

Bibit kerang Kimah ini, Safrie melanjutkan, ada puluhan ribu dan dibudidaya di Makassar. Adalah Universitas Sultan Hasanuddin yang membudidayakan. Dan akan ad 10 ribu kerang untuk ditaruh di Kepulauan Seribu.

“Kita akan melihat Pasar Malam di dalam laut Kepulauan Seribu nantinya. Intinya, kalau kegiatan yang dilakukan oleh Kemenko Maritim dan Sumberdaya berjalan, akan menunjang pariwisata Indonesia, menunjang konservasi, memperkuat sumber daya ikan dan memperkuat kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Maritim/Oddy/Arp

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Deputi Foto Narasi Tunggal Siaran Pers Reformasi Birokrasi Informasi Berita Artikel
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bakal Ada Pasar Malam Bawah Laut Kepulauan Seribu