Publikasi

Belajar Soal Kemaritiman dan Blue Economy 44 Mahasiswa UNAIR Kunjungi Kemenko Kemaritiman

Oleh 15 Okt 2019 Oktober 17th, 2019 Tidak ada komentar
Auto Draft
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Jakarta, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jakarta, kedatangan tamu-tamu istimewa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), pada Selasa (15/10/2019). Sebanyak 44 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas tertua di Jawa Timur itu berkunjung untuk menambah wawasan dan ilmu seputar dunia kemaritiman.

Dalam pengarahannya, PLT Sekretaris Kemenko Kemaritiman, Agung Kuswandono mengaku sangat mengapresiasi kunjungan dari mahasiswa dan mahasiswi tersebut, PLT Sesmenko Agung juga menyampaikan berbagai penjelasan dan juga sedikit pesan bagi para generasi muda itu.

“Kami merasa sangat bangga dengan kunjungan ini, semoga kalian banyak mendapatkan hal baru yang bermanfaat selepas dari sini, kalian juga harus mengetahui dan berada di garda terdepan dalam kebangkitan sektor kemaritiman kita, di luar sana masih banyak nelayan-nelayan yang terbelenggu kemiskinan, maka peran kalian dan Kemenko Kemaritiman masih sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Kemudian, Staf Ahli Menko Kemaritiman Bidang Sosiologi dan Antropologi, Tukul Rameyo menjelaskan mengenai deklarasi lima poros maritim, yaitu, membangun budaya maritim, meningkatkan diplomasi maritim, membentuk infrastruktur kelautan, pengembangan industri berkelanjutan dan memperkuat pertahanan maritim.

“Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar harus menguasai lautan untuk menjadi negara maritim,” jelasnya.

Sementara itu, Mahasiswi FEB UNAIR, Hana Jihan Karima mengaku banyak mendapatkan hal baru sekaligus menambah wawasan baginya dan juga rekan-rekannya.

“Tujuannya, kita di bidang ekonomi dan kemaritiman adalah salah satu aspek juga. Kami ingin belajar bagaimana dan apa sih kemaritiman itu. Kami juga banyak mendapatkan hal baru, seperti misalnya ada bidang blue economy dan ini adalah sebuah pembelajaran baru bagi kami,” ujarnya.

Sama halnya dengan Andrew Alvaro, ia mengungkapkan bahwa dirinya belum terlalu mengenal apa saja program-program dari Kemenko Kemaritiman, tetapi terlepas dari itu, ia justru mengetahui apa saja program-program yang didukung dan diinisiasi oleh Kemenko Kemaritiman yang bersinergi dengan Kementerian dan Lembaga lain.

“Yang kami tahu sebenarnya banyak program-program yang disupport oleh Kemenko Kemaritiman tetapi kami belum tahu, tetapi terlepas dari kami tahu atau tidak, yang jelas efek dari program-program kemaritiman ini terasa sangat signifikan. Yang pasti Kemenko Kemaritiman harus lebih sering-sering lagi goes to campus, seperti jemput bola begitu, biar kita semua jadi lebih tahu,” tambahnya.

Saat ditanyakan mengenai sambutan dari Kemenko Bidang Kemaritiman, dengan kompak mereka menjawab,

“Banyak dapat hal baru disini, dan kami jadi tahu perkembangan kemaritiman dari periode ke periode, dan saya apresiasi sekali, Kemenko Kemaritiman ternyata lebih membuka diri terhadap kami-kami, terima kasih Kemenko Kemaritiman,” pungkasnya.

Biro Perencanaan dan Informasi

Kemenko Bidang Kemaritiman

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel