Berita DeputiDeputi 5

Bersama UMKM Bangkit Melalui Karya Kreatif Indonesia 2022

Dibaca: 592 Oleh Jumat, 20 Mei 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 05 17 at 8.56.46 PM
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, UMKM sebagai agen kebangkitan ekonomi memerlukan dukungan pemasaran dan pembiayaan baik lokal dan internasional bagi produknya yang kian berkualitas. Sinergi lintas Kementerian dan Lembaga serta industri tak henti dilakukan guna memajukan UMKM Indonesia khususnya dalam periode pasca-pandemi.

Bank Indonesia (BI) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perdagangan (Kemedag), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian BUMN, dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mempersembahkan perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 sebagai ajang selebrasi kebangkitan dan pemulihan UMKM.

KKI tahun ini mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” dengan tagar #BersamaUMKMBangkit dan #UMKMgodigital_goglobal. Acara ini dilaksanakan secara daring sepanjang 18-29 Mei 2022 dan luring pada 26-29 Mei 2022 melalui pameran yang diramaikan oleh sekitar 200 UMKM dari seluruh Indonesia binaan BI dan 6 Kementerian tersebut di atas di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC).

Baca juga:  Wawancara Menko Luhut dengan Jawa Pos TV

KKI yang diselenggarakan secara berkesinambungan sejak tahun 2016 ini merupakan strategi bersama mendorong inklusi keuangan, digitalisasi UMKM, serta menghubungkan UMKM dengan mitra ekspor global. KKI 2022 merupakan sinergi dari berbagai Kementerian, khususnya sinergi Gernas BBI dengan Kemenko Marves.

Selain itu terdapat knowledge sharing dan fasilitasi kurasi dari Kemenkop UKM, serta perlindungan konsumen, tata tertib niaga dan konsultasi ekspor dari Kemendag. Kemenperin berkontribusi dengan menghadirkan klinik konsultasi desain merek, kemasan dan Hak Kekayaan Intelektual bagi para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), serta Kementerian BUMN melalui fasilitasi akses pembiayaan dan sistem pembayaran UMKM serta knowledge sharing mengenai daya saing pasar global dan pembiayaan. Tidak ketinggalan Kemenparekraf turut membuka konsultasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) UMKM Kreatif. Selain itu, sinergi juga dilakukan melalui keikutsertaan UMKM binaan Kementerian dalam showcase UMKM serta business matching ekspor dan pembiayaan.

Pada acara yang berlangsung pada 26-29 di JCC, masyarakat dapat mengunjungi dan bertransaksi di pameran UMKM. Sementara UMKM dapat melakukan konsultasi yang disediakan oleh Kementerian di atas maupun melakukan business matching guna mendapatkan pembiayaan dan akses menuju pasar global. Paralel dengan kegiatan tersebut, akan dilaksanakan acara hybrid seperti webinar wirausaha perempuan dan keuangan inklusif, talkshow digital, selebrasi UMKM, dan pagelaran karya kreatif yang menampilkan produk olahan kain nusantara sehingga bernilai tambah tinggi.

Baca juga:  Menko Luhut pimpin Rakor LRT di Kantor Maritim

Melalui sinergi yang melibatkan baik sejumlah mitra utama maupun mitra pendukung seperti Dewan Kerajinan Nasiona (Dekranas), perbankan, marketplace, industri, agregator, serta asosiasi dan komunitas, seluruh Kementerian dan Lembaga yakin KKI dapat mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) serta Presidensi Indonesia pada G20 dalam mewujudkan semangat “Recover Together, Recover Stronger”.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investas RI
No.SP-157/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2022

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel Bersama UMKM Bangkit Melalui Karya Kreatif Indonesia 2022
Berita DeputiDeputi 5

Bersama UMKM Bangkit Melalui Karya Kreatif Indonesia 2022

Dibaca: 592 Oleh Jumat, 20 Mei 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 05 17 at 8.56.46 PM
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, UMKM sebagai agen kebangkitan ekonomi memerlukan dukungan pemasaran dan pembiayaan baik lokal dan internasional bagi produknya yang kian berkualitas. Sinergi lintas Kementerian dan Lembaga serta industri tak henti dilakukan guna memajukan UMKM Indonesia khususnya dalam periode pasca-pandemi.

Bank Indonesia (BI) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perdagangan (Kemedag), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian BUMN, dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mempersembahkan perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 sebagai ajang selebrasi kebangkitan dan pemulihan UMKM.

KKI tahun ini mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” dengan tagar #BersamaUMKMBangkit dan #UMKMgodigital_goglobal. Acara ini dilaksanakan secara daring sepanjang 18-29 Mei 2022 dan luring pada 26-29 Mei 2022 melalui pameran yang diramaikan oleh sekitar 200 UMKM dari seluruh Indonesia binaan BI dan 6 Kementerian tersebut di atas di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC).

Baca juga:  Wawancara Menko Luhut dengan Jawa Pos TV

KKI yang diselenggarakan secara berkesinambungan sejak tahun 2016 ini merupakan strategi bersama mendorong inklusi keuangan, digitalisasi UMKM, serta menghubungkan UMKM dengan mitra ekspor global. KKI 2022 merupakan sinergi dari berbagai Kementerian, khususnya sinergi Gernas BBI dengan Kemenko Marves.

Selain itu terdapat knowledge sharing dan fasilitasi kurasi dari Kemenkop UKM, serta perlindungan konsumen, tata tertib niaga dan konsultasi ekspor dari Kemendag. Kemenperin berkontribusi dengan menghadirkan klinik konsultasi desain merek, kemasan dan Hak Kekayaan Intelektual bagi para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), serta Kementerian BUMN melalui fasilitasi akses pembiayaan dan sistem pembayaran UMKM serta knowledge sharing mengenai daya saing pasar global dan pembiayaan. Tidak ketinggalan Kemenparekraf turut membuka konsultasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) UMKM Kreatif. Selain itu, sinergi juga dilakukan melalui keikutsertaan UMKM binaan Kementerian dalam showcase UMKM serta business matching ekspor dan pembiayaan.

Pada acara yang berlangsung pada 26-29 di JCC, masyarakat dapat mengunjungi dan bertransaksi di pameran UMKM. Sementara UMKM dapat melakukan konsultasi yang disediakan oleh Kementerian di atas maupun melakukan business matching guna mendapatkan pembiayaan dan akses menuju pasar global. Paralel dengan kegiatan tersebut, akan dilaksanakan acara hybrid seperti webinar wirausaha perempuan dan keuangan inklusif, talkshow digital, selebrasi UMKM, dan pagelaran karya kreatif yang menampilkan produk olahan kain nusantara sehingga bernilai tambah tinggi.

Baca juga:  Menko Luhut pimpin Rakor LRT di Kantor Maritim

Melalui sinergi yang melibatkan baik sejumlah mitra utama maupun mitra pendukung seperti Dewan Kerajinan Nasiona (Dekranas), perbankan, marketplace, industri, agregator, serta asosiasi dan komunitas, seluruh Kementerian dan Lembaga yakin KKI dapat mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) serta Presidensi Indonesia pada G20 dalam mewujudkan semangat “Recover Together, Recover Stronger”.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investas RI
No.SP-157/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2022

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel