Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran Dan Rencana Kerja Dan Anggaran Kementerian Dan Lembaga (RKA-K/L)

IMG_7465

Maritim — Bogor, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melaksanakan bimbingan teknis penyusunan anggaran dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA – K/L) pada hari Kamis-Jumat, (28 Februari – 1 Maret 2019) di Hotel Sahira, Bogor. Agenda dari acara ini adalah instalasi dan pengenalan fitur aplikasi RKA-K/L, teknik penyusunan anggaran, cara entri detail data anggaran, dan dilanjutkan simulasi penyusunan anggaran.

Tujuan dari adanya bimbingan teknis penyusunan anggaran dan RKA-K/L ini adalah agar adanya keseragaman data anggaran mulai dari struktur kegiatan, penggunaan komponen, sub komponen, penggunaan SBM, penulisan detail rincian anggaran; konsistensi perencanaan dan realisasi anggaran untuk mendukung kegiatan lain seperti SIRUP, Laporan LAKIP, Laporan SAKIP, BSC, penganggaran berbasis Gender/Kinerja, RANHAM, Tagging Anggaran dan sebagainya; serta perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang efisien, tepat waktu dan akuntabel.

Hal ini diperlukan karena belum adanya pedoman penyusunan dan revisi anggaran; kurangnya SDM yang memahami proses penganggaran; minimnya koordinasi antara para operator RKA-K/L dalam menyusun anggaran; perbedaan persepsi masing-masing unit kerja dalam menyusun anggaran; kurangnya pengetahuan dan pengalaman personil dalam menggunakan aplikasi RKA-K/L, sehingga muncul beberapa masalah, seperti pagu minus; ketidakseragaman data anggaran misalnya penggunaan satuan (OK, OH, Orkal dan Paket), SBM, penggunaan akun belanja (BAS), penulisan detail rincian anggaran dan penentuan standar komposisi belanja; revisi anggaran khususnya revisi POK yang terlalu sering; koordinasi yang belum teratur.

“Penyusunan (anggaran dan RKA-K/L) ini diharapkan menjadi kompetensi dasar kalian (CPNS), “ kata Plh. Kepala Biro Perencanaan, Bambang Herunadi mengawali acara dengan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan materi pertama tentang Sistem Aplikasi Penganggaran TA 2019 oleh Uud Ahmad dari Direktorat Sistem Penganggaran (DSP) Kementerian Keuangan.  Ia menjelaskan tentang sistem aplikasi, mekanisme penelaahan online, dan Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM).

Setelah makan siang, para peserta didistribusikan aplikasi RKA-K/L 2019 dan dipandu dalam proses penginstallan aplikasi. Kemudian, dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi dan fitur-fitur di dalamnya. Para peserta juga dipandu untuk menggunakan aplikasi RKA-K/L mulai dari instalasi, hingga tahap-tahap entri data ke aplikasi.

Pembicara kedua, yaitu Nur Abdul Haris dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb ) Kementerian Keuangan menyampaikan materi tentang Bagan Akun Standar. Ia menjelaskan latar belakang adanya restrukturisasi akun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) karena Jenis PNBP yang memiliki realisasi besar masih tergabung dengan jenis PNBP lainnya dalam satu akun sehingga kurang informatif khususnya untuk pemaparan di level pimpinan (Menteri  & DPR); Banyak Akun yang memiliki realisasi tidak signifikan atau tidak ada realisasi sama sekali selama beberapa periode sehingga perlu dihapus untuk efektifitas pemanfaatan dan informasi akun; Beberapa Akun seharusnya dihapus karena sudah tidak sesuai ketentuan terkini; Pengelompokan Akun PNBP (4/5 Digit Akun) belum memberikan karakteristik yang jelas atas jenis PNBP yang masuk pada kelompok akun tersebut.

Selain itu, dilakukan juga simulasi entri data dengan data yang sudah disiapkan oleh panitia per biro atau kedeputian. Kemudian, diperiksa kelengkapan entri data oleh panitia per kelompok sambil mereview kembali tahap-tahap yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hal ini untuk semakin menyakinkan bahwa peserta telah memahami  cara penggunaan dari aplikasi RKA-K/L tersebut.

Biro Informasi dan Hukum
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman

Kirim Komentar/Pertanyaan

Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran Dan Rencana Kerja Dan Anggaran Kementerian Dan Lembaga (RKA-K/L)

05 min