Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

CPNS Kemenko Maritim dibentuk Menjadi Generasi Milenial Berkarakter Patriot

7

Maritim-Jakarta, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemaritiman yang sedang mengikuti Diklat Pra Jabatan di Kementerian Pertahanan hari ini, Kamis (24 Mei 2018) kembali ke Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Rombongan CPNS disambut langsung oleh Sekretaris Kemenko Maritim Agus Purwoto sebelum dilanjutkan dengan menerima pengarahan dari Kepala Biro Umum Djoko Hartoyo.

“Sesuai arahan Bapak Presiden melalui Menko Luhut, kita ingin bentuk generasi milenial 4.0 berkarakter patriot, untuk pembentukan sikap dan karakter, itulah alasan Kemenko Maritim menitipkan CPNS kita untuk digodok di Kemenhan,” kata Sekretaris Kemenko Maritim, Agus Purwoto saat ditemui di ruangannya.

Selain pembentukan sikap dan karakter, jiwa bela negara juga menjadi poin penting yang ditujukan untuk para calon abdi negara tersebut. Karena menurut Sesmenko Agus, ini berguna untuk menangkal berbagai paham radikal yang nyatanya berbahaya bagi bangsa dan negara. 

Para instruktur dan mentor yang membina  CPNS Kemenko Maritim di fasilitas Badiklat Kemenhan adalah gabungan, termasuk dari Tentara Nasional Indonesia.

“Agar membentuk sikap seperti disiplin, kejujuran dan hal positif lainnya. Bela negara bukanlah pendidikan milter, akan tetapi pembentukan sikap tegas,” ujar Sesmenko Agus.

Sesmenko Agus Purwoto menambahkan Ada perubahan mendasar disini, disaat kita menggarap untuk mengentaskan kemiskinan di Jawa Barat bagian selatan dengan harapan dapat menangkal terorisme yang berakar dari kemiskinan, tapi apa yang terjadi sekarang justru teroris ini muncul dari kalangan yang mapan, ini pas sekali dengan yang kita bahas tadi yaitu mencetak generasi milenial Indonesia 4.0 yang berkarakter patriot namun bukan militeristis.”

Salah satu CPNS Kemenko Maritim Vincentius Dhanang Widianto mengatakan, langkah yang digagas oleh Kemenko Maritim tersebut merupakan hal yang luar biasa baginya dan juga rekan sejawatnya. Karena menurutnya, selama mengikuti diklat dia merasakan ada perubahan mendasar yang positif.

“Kita banyak belajar mengenai disiplin, berinteraksi sosial dengan baik dan lain sebagainya. Sejauh ini kita banyak mendapatkan perubahan, sekarang pola hidup kita dirasakan semakin tertata dengan baik. Yang jelas kami siap mengabdi kepada negara dengan pola pikir dan karakter baru,” tutup Dhanang. ***

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Video Foto Berita Siaran Pers Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

CPNS Kemenko Maritim dibentuk Menjadi Generasi Milenial Berkarakter Patriot