Berita DeputiDeputi 1

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Gelar Rapat Kerja Triwulan

Dibaca: 145 Oleh Minggu, 18 Oktober 2020Oktober 21st, 2020Tidak ada komentar
Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Gelar Rapat Kerja Triwulan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves, Yogyakarta – Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) lakukan evaluasi dalam bentuk Rapat Kerja triwulan yang ke-3 di tahun 2020. Rapat Kerja Deputi 1 ini digelar pada Kamis-Sabtu, 15-17 November 2020 sekaligus dengan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) Pantai Baru, dan Kawasan Pariwisata Candi Borobudur.

“Rapat sekaligus kunjungan kerja ini diharapkan dapat menjadi tempat evaluasi untuk kita semua dalam setahun kebelakang. Apa saja hal yang dapat ditingkatan baik dari sisi substansi maupun lainnya, kita harap dapat kita lakukan secara kolektif agar berkesinambungan,” Ujar Tri Widodo, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi pada Rapat Kerja di tanggal 16 November 2020.

Acara ini juga turut menjadi kesempatan untuk Plt. Tri memperkenalkan diri sebagai Pelaksana Tugas baru. Selain itu, Dharma Wanita Persatuan Deputi 1 juga turut menyambut Ibu Imajati Skripina Soetadi sebagai anggota pengurus baru, ditandai dengan penyerahan secara simbolis cenderamata oleh Ibu Natalia Manafe.

Baca juga:  Kemenko Maritim Siapkan Aspal Buton Jadi Ikon Nasional

Acara yang turut pula dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Perencanaan ini memberikan tiap Asisten Deputi dan juga Sekretariat Deputi waktu untuk menjelaskan paparan substansi kegiatan dan evaluasi. Selain itu, acara ini juga turut dimeriahkan oleh Pertunjukan Seni dan jamuan makan malam. “Kami harap Deputi 1 akan terus memberikan inovasi dalam pengembangan substansi program kerja. Kegiatan-kegiatan akan terus berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan kami sebagai Pemerintah terus berusaha untuk melakukannya secara maksimal,” Tambah Sekretaris Deputi Ishak Manafe. Dalam rapat ini juga dibahas rancangan kerja November-Desember 2020.

Pada hari selanjutnya, Sabtu, 17 Oktober 2020 Deputi 1 melanjutkan agenda dengan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid Banyu Biru di Bantul. Knjungan lapangan ini turut diusulkan oleh Sesdep Ishak, hingga akhirnya Deputi 1 berupaya untuk mengambil bagian dalam pengembangan tempat ini.

“Tenaga Hibrid Kincir Angin dan Panel Surya menjadi salah satu terobosan terbarukan bagi pembangkit listrik. Pemerintah pusat harus memberikan perhatian khusus bagi pengembangan tersebut,” Ujar Plt Tri. Menurutnya, daerah ini harus terus ditinjau dan dikawal perkembangannya karena manfaatnya bagi warga sekitar.

Baca juga:  Kemenko Kemaritiman dan IPB Sinergi Dukung Pengembangan Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan Nasional

Sesuai dengan apa yang ditinjau di lapangan dan melihat sistem, alat, dan berbagai fasilitas penunjang yang ada, dilihat bahwa sistem grup Pembangkit Energi Listrik PLTH ini dibagi menjadi tiga, yaitu Grup Timur, Grup Barat, dan Grup KKP. Dengan total awal daya terpasang hingga 83,5kW,  dimana saat peninjauan dilaksanakan sistem PLTH  mampu membangkitkan  daya sekitar 32 kW.

“Ada beberapa keperluan yang harus dibantu oleh Pemerintah Pusat agar PLTH ini dapat berfungsi lebih maksimal. Ada beberapa permasalahan seperti kejelasan kepemilikan kincir angin, perlunya perbaikan pembangkit yang rusak, dan diperlukannya riset teknologi inverter yang lebih mendalam,” sambung Basilio Dias Araujo, Asisten Deputi (Asdep) Keamanan dan Ketahanan Maritim.

“Energi listrik yang dihasilkan dari PLTH selama ini membantu berbagai sektor di daerah sekitar, seperti sektor perikanan,  pariwisata, dan penerangan,” tambah Trinaldy Konnery Naibaho, Kepala Bidang Partisipasi dan Kerja sama Energi.

Selain itu, Deputi 1 juga mengunjungi kawasan Pariwisata Candi Borobudur dalam rangka menggiatkan usaha UMKM yang ada. Kunjungan ini secara langsung memberikan manfaat pada para pelaku UMKM sekitar dalam suasana Covid 19. Diharapkan, kunjungan awal ini dapat memberikan tidak hanya memberikan manfaat bagi deputi 1 tetapi juga bagi masyarakat sekitar kawasan kunjungan lapangan.

Baca juga:  Pembangunan Kawasan Industri Aviarna Semarang dan Galangan Kapal PT JMI, Kemenko Marves : Agar Bersinergi Dan Berjalan Optimal

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel