ArtikelBeritaPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Raih Predikat WBK di Tahun 2020

Dibaca: 48 Oleh Senin, 21 Desember 2020Tidak ada komentar
*Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Raih Predikat WBK di Tahun 2020
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Berkat kerja sama dan komitmen bersama para pimpinan perubahan, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan (PLK) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) memperoleh penghargaan berupa predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Penghargaan ini diberikan dalam acara “Apresiasi dan Penganugerahaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020” yang dilaksanakan secara virtual pada hari Senin (21 – 12- 2020).

Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Dalam perjalanannya, banyak kendala yang dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, dan lemahnya pengawasan.

Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, maka instansi pemerintah (pusat dan daerah) perlu untuk membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi yang dapat menjadi percontohan penerapan pada unit-unit kerja lainnya. Untuk itu, perlu secara konkret dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas.

Baca juga:  Ingatkan Kepala Daerah, Presiden: Jangan Ada yang Main Uang Apalagi APBD

“Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik, dikutip dari Permenpan 52 Tahun 2014.

Kemenko Marves Tahun 2020 berkomitmen mengusulkan 4 (empat) Unit Kerja Eselon I sebagai Unit Kerja Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yaitu Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi dan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan,” ujar Sesmenko Agung.

Penghargaan oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo yang berupa predikat ini diberikan sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’aruf Amin, yang turut hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut, mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada unit kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM. Turut hadir pula Ketua Komisi Pemberantasan Korupi dan Ombudsman RI dalam acara tersebut.

Baca juga:  Menko Luhut : Banyak Perbaikan dalam Perayaan Lebaran Tahun Ini

Deputi PLK, Nani Hendiarti merasa sangat bersyukur atas pencapaian ini. Beliau meminta seluruh pegawai Deputi PLK untuk tetap bekerja keras, cerdas, ikhlas, berintegritas dan PATEN. Ditambahkan pula semoga capaian ini memberikan motivasi bagi Kemenko Marves agar lebih baik lagi.

“Penyerahan predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Dengan semangat dan komitmen bersama dan dukungan semua pihak terutama Sekretariat Kemenko dan Inspektorat, di tahun 2020 Deputi PLK membangun zona integritas berpedoman kepada 6 komponen pengungkit,” ujar Deputi Nani.

Keenam komponen ini adalah manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Mari kita jadikan penghargaan WBK sebagai momentum dan pemicu semangat Deputi PLK dalam meningkatkan prestasi dan meraih predikat selanjutnya dari Zona Integritas yaitu Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)”, pungkasnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel