Berita DeputiDeputi 2

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Adakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Dibaca: 10 Oleh Rabu, 26 Mei 2021Tidak ada komentar
Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Adakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-331/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2021

 

Marves – Bogor, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim mengadakan rapat tindak lanjut monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan reformasi birokrasi triwulan 1 (satu) 2021. Melalui rapat ini dilaporkan adanya beberapa perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi dan  pembahasan rencana tindak lanjut setiap kelompok kerja menjalankan reformasi birokrasi di lingkup Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim (25-05-2021). Rapat monev ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Safri Burhanuddin.

“Komitmen teladan pimpinan dan partisipasi seluruh jajaran personil perlu dilakukan, untuk mengambil peran aktif dalam implementasi reformasi birokrasi guna memperkuat budaya kerja produktif dan mempercepat pencapaian kinerja yg memberikan dampak positif bagi pemangku kepentingan yang dilayani,” ujar Deputi Safri.

Pemantauan dan koreksi secara periodik merupakan langkah yg tepat untuk aksi tindak lanjut pelaksanaan reformasi birokrasi yang lebih baik kedepan. Melalui penerapan terobosan inovasi dengan tetap mengacu pada roadmap reformasi birokrasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Baca juga:  Beri Acuan Implementasi Kurikulum Kemaritiman,Kemenko Maritim Undang Sekolah Dasar dan Menengah Se-Indonesia

Melanjutkan Deputi Safri, Sekretaris Deputi (Sesdep) Elvi Wijayanti menjelaskan tujuan dari kegiatan ini. “Kegiatan monitoring dan evaluasi reformasi birokrasi dilakukan untuk melakukan penilaian mandiri terhadap capaian dan kendala dari rencana kerja yang sudah ditetapkan per triwulan, mengidentifikasi secara dini kendala yang dihadapi untuk setiap area perubahan, dan melakukan revisi rencana kerja terhadap perkembangan kebutuhan,” ujarnya.

Pada triwulan satu, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim sudah mencapai beberapa hal, diantaranya membangun zona integritas dan penandatanganan komitmen bersama menuju WBK dan WBBM, kemudian menyusun kelompok kerja penguatan reformasi birokrasi, menyusun rencana kerja kelompok kerja penguatan reformasi birokrasi tahun 2021, mengusulkan dan menyusun agen rencana kerja agent of change tahun 2021, sosialisasi dan internalisasi road map reformasi birokrasi, penyusunan ANJAB ABK dan penyusunan peta kebutuhan pengembangan kompetensi ASN, studi banding pelaksanaan reformasi birokrasi ke KKP, UPT KKP, dan BPOM, serta yang terakhir adalah berperan aktif dalam peningkatan reformasi birokrasi lingkup Kemenko Marves.

“Capaian reformasi birokrasi lingkup Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim lakukan perlu dipantau secara berkelanjutan. Beberapa indikator penguatan reformasi birokrasi dan target strategis masih ada yang perlu diselesaikan sampai akhir tahun 2021 pada area manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Baca juga:  Hadapi Tantangan Acara Virtual di Masa Pandemi, Biro Komunikasi Selenggarakan Workshop Public Speaking Untuk Even Virtual

Perlu diketahui bahwa seluruh satuan kerja di Kemenko Marves wajib mengevaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor (Permen PAN RB) 26 tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Pada kesempatan yang sama, rapat monev ini juga sekaligus melakukan sosialisasi penguatan pengawasan, peningkatan pelayanan publik dan pengembangan kompetensi pegawai dengan narasumber dari Kemenpan RB, Inspektorat dan Biro Komunikasi Kemenko Marves.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel