Berita DeputiFoto

Deputi Safri: Persiapan Puncak Sail Nias sudah 80%

Deputi Safri: Persiapan Puncak Sail Nias sudah 80%
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Nias, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan Sail Nias, Rabu (04/09). Dalam kedatangannya ini, Deputi Safri mengungkapkan bahwa persiapan acara puncak Sail Nias sudah rampung 80%.

“Persiapan Sail Nias ini tinggal 10 hari lagi, pertama-pertama yang kita lihat adalah tempat acara puncak, acara puncaknya kita lihat sudah 80% (rampung),” kata Deputi Safri di lokasi puncak acara yakni Pelabuhan Baru, Teluk Dalam, Nias Selatan.

Meski dianggap persiapan sudah matang, Deputi Safri yang datang bersama dengan Menkumham Yasonna Laoly dan Mendesa PDTT Eko Putro Sandjojo menjelaskan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama fasilitas umum seperti di antaranya pengaturan jalan dan parkir kendaraan serta penginapan para tamu atau pengunjung.

“Jadi fasilitas umum ini seperti jalan-jalan untuk masuk ke acara, ini kan jalanan sempit, tidak bisa semua mobil masuk. Nanti ada sekitar 31 bus bantuan dari kementerian perhubungan dan kami sudah mencarikan lahan untuk bus-bus tersebut. kita sudah percayakan sama kepolisian, karena itu tugas mereka,” ungkapnya.

“Nah ini akan menjadi salah satu kreatifitas kepolisian dalam mencari lahan parkir entah itu lahan masyarakat atau yang lain. Karena kalau parkirnya di pinggir jalan akan macet total. Jadi itu adalah solusinya,” tambahnya.

Sementara untuk penginapan, lanjut Safri, dilihat dari jumlah hotel dan homestay yang terbilang tidak banyak, maka disarankan salah satu solusinya yaitu tidak semuanya harus menginap dekat dengan lokasi acara (di Nias Selatan), mereka bisa sebagian menginap di Kota Nias, Gunung Sitoli dan di kota lainnya.

“Nanti mereka menuju ke sini, tentu sama apa yang kita lakukan di Sail Tomini dan Sail Moyo itu, tinggal di kota memang perjalanan cukup jauh sekitar 100 km tetapi kalo dia bisa berangkat kurang dari jam 6, biaya akomodasi bisa ditanggung oleh kota/kabupaten lain jadi tidak hanya Nias Selatan yang menanggung,” jelasnya.

Selain para tamu atau pengunjung yang datang, Deputi Safri juga berharap agar warga sekitar mampu mengkondisikan kegiatan mereka saat acara Sail Nias berlangsung, seperti pasar yang ada atau buka hari sabtu saja (pasar dekat lokasi acara yang juga akan berlangsung pada hari sabtu) agar dikondisikan untuk tidak buka terlebih dahulu atau buka setengah hari, karena jika pasar tersebut tetap beroperasi, maka akan diperkirakan macet panjang.

“Tapi untuk keseluruhannya it’s okay, walaupun degan segala kekurangan. Kita tidak bisa mengharapkan lebih dilihat dari kondisi daerahnya,” pungkasnya.

*Biro Perencanaan dan Informasi
Kemenko Bidang Kemaritiman*

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel