Berita DeputiDeputi 1

Dukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Lakukan Benchmark di Jawa Tengah

Dibaca: 21 Oleh Jumat, 30 April 2021Tidak ada komentar
Dukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Lakukan Benchmark di Jawa Tengah
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-286/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Surakarta, Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) serta pembangunan Zona Integritas (ZI) tahun 2021, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi melakukan benchmark (studi banding) di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kota Surakarta pada hari Kamis (29-04-2021) dan Kabupaten Sragen pada hari Jumat (30-04-2021).

“Kami ingin melakukan diskusi untuk sharing pengetahuan bagaimana implementasi RB di daerah ini sekaligus menjalin komunikasi dan hubungan baik. Diharapkan hasil diskusi dan kunjungan lapangan ini akan menjadi tambahan referensi dalam pengelolaan RB lingkup Kemenko Marves serta Kementerian/Lembaga di bawah Kemenko Marves,” sebut Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Ishak Octovianus Manafe soal tujuan kegiatan tersebut.

Setelah terbangun komunikasi bersama pemerintah daerah, lanjutnya, diharapkan ujungnya Kemenko Marves akan lebih aktif membuat kegiatan dalam rangka mendukung pembangunan Kota Surakarta dan Kabupaten Sragen.

Kunjungan ini juga dilakukan sebagai wujud pelaksanaan dari Peraturan Presiden nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Mengacu pada Perpres tersebut, terdapat tiga sasaran dari pelaksanaan RB, yaitu terwujudnya pemerintah yang bersih dan bebas KKN, meningkatnya pelayanan publik, dan meningkatnya kualitas kinerja birokrasi.

Baca juga:  Gerakan Aksi Bersih Sampah Plastik di Ciliwung

Kepala Biro (Karo) Hukum Kemenko Marves Budi Purwanto yang hadir pula dalam kesempatan tersebut, kemudian menyampaikan bahwa implementasi RB Kemenko Marves sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan nilai 60,34 dan selalu meningkat setiap tahunnya.

“Target kita di tahun 2024 bisa mendapatkan nilai 100,” ungkap Karo Budi. Untuk meningkatkan pelaksanaan RB, yang menjadi kunci terpenting menurut Karo Budi ialah Sumber Daya Manusia.

“Kita ingin sasaran RB menciptakan ASN yang kapabel, kelembagaan dan pengelolaan anggaran yang akuntabel, dan pelayanan yang berbasis pada inovasi dan teknologi informasi,” jelas Karo Budi. Peningkatan SDM ini, salah satunya dilakukan melalui manajemen talenta sekaligus membuka peluang untuk melanjutkan sekolah bagi para ASN.

Selain untuk melakukan implementasi RB, Sesdep Ishak menyambung bahwa kegiatan ini juga dilakukan sebagai bagian dari proses persiapan pelaksanaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2021.

“Kami bertekad menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih awal dan maksimal. Untuk itu, landasan yang harus diletakan dalam pelaksanaan RB ini harus semakin kuat,” ujarnya.

Baca juga:  Menko Luhut: Penggunaan produk dalam negeri tingkatkan Kemandirian Bangsa

Terkait kunjungan kerja dari Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi di Kota Surakarta, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming turut menyambut dengan baik dan berterima kasih.

“Terima kasih sekali untuk kedatangannya dan selamat datang di Kota Surakarta. Apapun kegiatan yang akan dilaksanakan akan kami kawal. Semoga kedepannya kerja sama dan relasi kita semakin erat,” ungkap Walikota Gibran.

Pada kesempatan ini, kunjungan dilakukan di Kantor Walikota Surakarta, Mal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemkot Surakarta, Batik Putra Bengawan, Pendopo Sumonegaran Kabupaten Sragen, dan Kantor Dinas DPMPTSP Sragen, serta Museum Manusia Purba Sangiran.

Kunjungan Sesdep Ishak bersama tim berjumlah 50 orang dari perwakilan Sekretariat Kementerian Koordinator dan Deputi lingkup Kemenko Marves. Selain didampingi oleh Asisten Deputi Hukum dan Perjanjian Maritim Radian dan Plt. Asdep Keamanan dan Ketahanan Maritim Helyus Komar juga turut dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenko Marves Arif Rahman, Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ahyani, Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen Tatag Prabawanto, serta Kepala DPMPTSP Kabupaten Sragen Tugiyono.

Baca juga:  INDONESIA AND UNITED NATIONS HOSTED THE SECOND ROUND OF WORKSHOP IN 2018 TO ASSIST THE REGULAR PROCESS FOR GLOBAL REPORTING AND ASSESSMENT OF THE STATE OF THE MARINE ENVIRONMENT, INCLUDING SOCIOECONOMIC ASPECTS

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel