BeritaFoto

Dukung Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi Pegawai, Kemenko Marves Gelar Workshop Penyusunan Tata Naskah Dinas, Kearsipan, dan Dokumen Pertanggungjawaban

Dibaca: 17 Oleh Kamis, 25 Februari 2021Tidak ada komentar
Dukung Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi Pegawai, Kemenko Marves Gelar Workshop Penyusunan Tata Naskah Dinas, Kearsipan, dan Dokumen Pertanggungjawaban
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-126/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2021

Marves – Bogor, Guna mendukung pembinaan dan pengembangan kompetensi pegawai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Biro Umum Sekretariat Kemenko Marves menggelar Workshop penyusunan tata naskah dinas, kearsipan, dan penyusunan administrasi pertanggungjawaban keuangan di Ciawi, Bogor pada hari Kamis (25/02/2021).

“Workshop ini diadakan untuk membina pegawai, yang sebagian besar peserta nya merupakan CPNS tahun 2020. Kegiatan ini didukung dari tiap-tiap biro dan bagian di sekretariat maupun kedeputian guna mendukung kelancaran kinerja pegawai,” jelas Kepala Biro Umum Tito Setiawan dalam laporannya.

Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono yang turut hadir mengatakan bahwa dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memberi bekal pengetahuan lebih kepada pegawai, khususnya para CPNS.

“Melalui pelaksanaan kegiatan workshop ini diharapkan para pegawai khususnya para CPNS memiliki kompetensi yang baik dalam mendukung kelancaran pelaksanaan kegaiatan sehari-hari di unit kerja masing-masing yang berkaitan dengan tata naskah dinas, kearsipan, dan administrasi pertanggungjawaban keuangan yang terkadang ada kesalahan penulisan yang terlihat sepele namun berdampak besar,” jelas Sesmenko Agung.

Baca juga:  Kemenko Marves Dukung Rencana Infrastruktur Pengendalian Banjir Bandung Selatan

Sehubungan dengan hal tersebut Sesmenko Agung menambahkan bahwa dokumen pertanggungjawaban dan kearsipan dokumen harus lengkap, benar, dan digital.

“Saya mengharapkan betul hal ini menjadi perhatian kita semua, supaya dokumen kita itu lengkap, benar, dan mempunyai sistem yang digital. Ditambah lagi saya berharap pengelolaan arsip di Kemenko Marves dilakukan lebih baik lagi dan harus semakin modern,” pungkas Sesmenko Agung.

Lebih lanjut, Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbud Drs.Sriyanto menjelaskan, bahwa ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan tata naskah dinas, yaitu Permenko no 6 tahun 2016 tentang tata naskah dinas dan kaidah Bahasa Indonesia.

“Dalam segi bahasa, yang harus diperhatikan adalah Permenko Nomor 6 tahun 2016 tentang Naskah Dinas dan Kaidah Bahasa Indonesia, seperti yang kita ketahui medianya adalah bahasa berarti kita harus mempelajari kaidah bahasa yaitu mencakup kaidah pemilihan kata, kaidah ejaan, dan kaidah kalimat,” jelas Kepala Pusat Sriyanto.

Sebagai penutup, Yayan Daryan Arsiparis Ahli Madya Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) juga memaparkan beberapa mekanisme pengelolaan kearsipan negara secara sistematik dan terkendali.

Baca juga:  Kemenko Kemaritiman Dorong Percepatan Pengentasan Kemiskinan Jabarsel Melalui Potensi Geopark Ciletuh

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel