Berita DeputiDeputi 1

Dukung Pencapaian Kinerja yang Maksimal, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Lakukan Rapat Pemantauan dan Evaluasi

Dibaca: 24 Oleh Jumat, 23 April 2021Tidak ada komentar
Dukung Pencapaian Kinerja yang Maksimal, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Lakukan Rapat Pemantauan dan Evaluasi
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-273/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Bogor, Guna melakukan pemantauan dan evaluasi capaian kinerja, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi (Deputi I) menggelar Rapat Pemantauan dan Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan I pada hari Kamis sampai Sabtu (22-24 April 2021)  di Bogor. Selain melakukan pemantauan dan evaluasi, dilakukan pula sosialisasi Kelompok Kerja (Pokja) Penguatan Reformasi Birokrasi Unit Deputi I beserta prosesi penandatanganan Pakta Integritas Pegawai.

“Komunikasi yang baik menjadi kunci dalam membangun kerja sama tim dan mendukung pencapaian kinerja yang maksimal. Saya harap, Pakta Integritas yang ditandatangani ini bisa menjadi rujukan dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing pegawai,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Basilio Dias Araujo dalam sambutannya.

Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Ishak Octovianus Manafe juga turut menambahkan pentingnya pelaksanaan rapat ini. “Tujuan dilaksanakannya rapat ini adalah untuk optimasi pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Deputi I,” terangnya.

Bukan hanya itu, Sesdep Ishak juga menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk melakukan pemantauan, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program dan isu yang dikoordinasikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, terutama yang terkait dengan Program Prioritas Nasional dan Proyek Prioritas Strategis Nasional (Major Project) dalam RPJMN 2020-2024 dan RKP 2021.

“Apabila program dan isu yang dikoordinasikan bisa berjalan dengan baik, maka hal ini dapat menjadi persiapan bagi kita untuk melaksanakan program/kegiatan dan anggaran Triwulan II sekaligus sebagai dukungan percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi,” sambung Sesdep Ishak.

Kepala Biro (Karo) Perencanaan Kementerian ESDM Harya Adityawarman yang turut hadir sebagai narasumber kemudian menyampaikan paparan tentang Progres Grand Strategi Energi Nasional (GSEN). Dalam paparannya, ia menyampaikan mengenai tantangan dan solusi yang diturunkan ke dalam program strategis dalam mewujudkan GSEN.

“Ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi dapat terwujud dalam pemanfaatan sumber energi dalam negeri melalui 14 program GSEN untuk mengurangi impor energi secara signifikan. Namun, hal ini berpotensi menimbulkan carbon charge apabila masih menggunakan energi fosil,” sebut Karo Harya.

Melanjutkan, Karo Harya menyampaikan bahwa target Paris Agreement sudah sejalan dengan target 23% Energi Baru Terbarukan (EBT) pada tahun 2025, terutama melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), efisiensi pembangkit, smart grid, dan membuka peluang pasar energi bersih pada sistem ASEAN Power Grid.

Sementara itu, Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri Kemenhub Yudhonur Setyaji Paridjo selaku narasumber lainnya memaparkan tentang Implementasi Repatriasi dan Crew Change di Indonesia.

“Selama pandemi, Indonesia telah merepatriasi sebanyak 64.352 pelaut, memfasilitasi Crew Change sebanyak 5.483 pelaut, dan memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 57.142 orang. Sejauh ini, repatriasi dan Crew Change telah dilakukan di lima Pelabuhan, yaitu pulau Nipah, Tanjung Balai Karimun, Pulau Galang, Tanjung Priok dan Benoa,” sebut Yudho.

Rapat ini dihadiri oleh seluruh pegawai lingkup Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi serta turut mengundang Kementerian/Lembaga terkait. Setiap unit Eselon II lingkup Deputi I juga turut memaparkan capaian kinerja serta rencana kegiatan untuk Triwulan selanjutnya.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi

Baca juga:  Melalui Teknologi dan Inovasi, Kemenko Marves Dorong Pengolahan Industri Garam Rakyat di Bali

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel