BeritaPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Dukung Peningkatan Reformasi Birokrasi, Kemenko Bidang Kemaritiman adakan Validasi

Oleh 10 Okt 2019 Oktober 17th, 2019 Tidak ada komentar
Dukung Peningkatan Reformasi Birokrasi, Kemenko Bidang Kemaritiman adakan Validasi
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim-Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Biro Perencanaan dan Informasi mengadakan Rapat Klarifikasi Bukti Kinerja dan Updating Kinerja Triwulan III di Kantor Kemenko Maritim (10-10-2019). Kegiatan tersebut dibuka dan dipimpin oleh Pelaksana tugas Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman (Plt. Sesmenko), Agung Koeswandono.

“Sistem Akuntabilitas Kinerja (SAKIP) memberi kontribusi di Reformasi Birokrasi (RB) sebanyak 20%” ucap Plt. Sesmenko dalam pembukaannya. Dirinya kemudian menekankan bahwa pegawai tidak hanya perlu fokus pada nilai saja meskipun nilai sebanyak 20% tersebut harus terpenuhi.

“Saat ini SAKIP (Kemenko Maritim) nilainya B, kalau untuk level mahasiswa masih lumayanlah, tapi untuk level RB nilai B itu termasuk kecil. Kita harus bisa dapat nilai AA” lanjut Plt. Sesmenko Agung. Dirinya kemudian menyarankan bahwa upaya mendapatkan nilai AA tersebut jangan dilakukan hanya dengan business as usual. Menurut Plt. Sesmenko Agung, semua pihak terkait harus berkoordinasi dengan baik agar target AA tersebut dapat dicapai.

“Ini merupakan forum rutin mengawali evaluasi progress capaian kinerja setiap akhir triwulan” ucap Kepala Biro Perencanaan dan Informasi, Suparman, pada sambutannya. Karo Suparman kemudian menjelaskan pada acara tersebut juga mengundang narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPanRB).

Menurut Karo Suparman, pada akhir triwulan sebelumnya kegiatan Rapat Klarifikasi selalu diadakan diluar kota agar lebih fokus, namun pada akhir TW III ini sengaja diadakan di Kantor Maritim demi mengikuti arahan Kementerian Keuangan dan petunjuk Menko Bidang Kemaritiman demi efisiensi.

“Meskipun diselenggarakan di kantor sendiri, kami berkomitmen bahwa output dan outcome dari pertemuan ini akan tetap kami jaga” ungkap Karo Suparman.

Terkait dengan evaluasi evaluator terkait penilaian dari RB yang telah dilakukan Kemenko Maritim, Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik, Devi Anantha, menjelaskan “Penilaian Kemenko Maritim ini saya lihat akan berbeda dengan penilaian kementerian teknis. Kalau dilihat semuanya berdasarkan regulasi dan kebijakan yang dihasilkan. Hal ini harusnya dapat menjadi salah satu pendongkrak nilai,” jelasnya. Sesdep Devi kemudian melanjutkan bahwa dengan cara pengukuran tersebut, maka regulasi harus diperkuat termasuk cara pengukuran dan aturan. Menurutnya, hal-hal tersebut adalah hal yang biasa ditanyakan oleh evaluator.

“Output kita kan kebijakan. Untuk menjadi outcome, kebijakan itu harus dilaksanakan. Untuk melaksanakan itu Kemenko tidak punya kapasitas. Di situ yang berat” jelas Kepala Bagian Akuntabilitas Kinerja, Bambang Herunadi. Kabag Bambang kemudian menginformasikan bahwa Kemenko Bidang Kemaritiman dapat disimpulkan sudah melakukan hal sesuai jalur.

“Evaluasi di Kemenko Maritim ini harus banyak diskusi dan diskusi yang dilakukan harus berbeda dengan diskusi yang dilakukan dengan kementerian teknis” jelas Sesdep Devi.

“Kami berharap akan terjadi interaksi yang positif untuk perbaikan kualitas kinerja Kemenko Bidang Kemaritiman di masa yang akan datang,” harap Karo Suparman. Dirinya kemudian menjelaskan bahwa akan dilakukan dialog antara perwakilan dari masing-masing Deputi untuk mengklarifikasi kinerja yang telah dilaporkan.

Pernyataan Karo Suparman tersebut sejalan dengan arahan Plt. Sesmenko Agung pada sambutannya yang mengatakan, “Kedepan harus dibuat sistem penyelenggaraan organisasi dengan sebaik-baiknya. Semua deputi harus melakukan komitmen untuk mendukung reforasi birokrasi” jelasnya.

Plt. Sesmenko Agus kemudian menginformasikan bahwa akan diadakan Rapat pimpinan antara Menko Bidang kemaritiman dengan pejabat eselon I. Sebelumnya Plt. Sesmenko Agung mengutarakan rencananya untuk melakukan kunjungan belajar ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai peraih nilai RB terbaik yaitu AA.

Biro Perencanaan Dan Informasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel