Berita

DWP Kemenko Marves Ajak Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Teknologi Digital secara Cerdas

Dibaca: 32 Oleh Rabu, 23 September 2020Tidak ada komentar
DWP Kemenko Marves Ajak Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Teknologi Digital secara Cerdas
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves, Jakarta -“Teknologi digital bukanlah hal yang asing bagi kehidupan manusia, sebagai ibu rumah tangga, kitapun dipengaruhi oleh hal ini,” ujar Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenko Marves Devi Pandjaitan saat memberikan arahan dalam pertemuan virtual pada Hari Sabtu (19-9-2020).

Banyak hal, menurutnya yang dengan mudah didapat secara online, misalnya belanja dan  berjualan makanan. “Tapi kita sebagai ibu harus bijak menyikapinya agar tidak terjerumus dalam budaya yang konsumtif,” ingat Devi.

Dalam kesempatan itu, Ketua DWP Kemenko Marves Suyani Agung Kuswandono mengatakan bahwa kondisi pandemi ini telah mengubah tatanan dunia.  “Tentu ini diluar perkiraan kita semua sehingga kehidupan kita berubah. Salah satunya, kita harus berhadapan dengan teknologi yang mungkin banyak dari kita sebagai ibu rumah tangga biasa gagap tentang hal itu,” ujarnya saat membuka konferensi virtual DWP Kemenko Marves.

Namun demikian, lanjut Suyani, sebagai ibu, para wanita  harus mempelajari perubahan teknologi sehingga dapat  mempermudah tugas sebagai pribadi, ibu,  istri serta tugas dalam lingkungan masing-masing.

Baca juga:  Menko Marves Pimpin Rakor Percepatan Pembangunan HST Jakarta-Bandung

Lebih jauh, pertemuan virtual  bertajuk Pemanfaatan Teknologi Digital bagi Wanita Masa Kini ini bertujuan untuk mengajak para wanita memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

Video conference ini diawali dengan pemaparan fakta-fakta penggunaan internet oleh wanita. Realitanya, wanita mendominasi penggunaan internet untuk belanja online dan media sosial bila dibandingkan dengan laki-laki.

Tetapi, lanjut Suyani, ternyata perempuan juga kurang melek teknologi yang diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan akses, kesulitan membagikan konten dan komunitas yang relevan, serta privasi dan keamanan. Acara ini menekankan bahwa penting bagi wanita untuk akrab dengan teknologi karena mampu memberikan banyak manfaat selama digunakan dengan benar.

Suyani juga menyebutkan cara-cara bijak dalam menggunakan internet, yakni mendampingi anak saat belajar, kreatif berkreasi dan manfaatkan media sosial untuk promosi, memperkaya ilmu pengetahuan dan kecakapan dengan mengikuti kelas online. “Selain itu dengan menggunakan gawai, kita dapat menyambung tali silaturahmi dengan anggota keluarga dan saling membantu antar sesama,” kata Suyani.

Tak hanya itu, tambahnya, gawai dan teknologi digital dapat menjadi sarana rekreasi atau hiburan yang mengutamakan manner-matter.

Baca juga:  Menko Luhut Rakor Pengembangan Pariwista Toba di Kantor Maritim

Terpenting, tegas Suyani, penggunaan internet secara cermat ini perlu dilakukan karena memiliki dampak negatif dari penggunaan teknologi, seperti adiksi pada gadget yang mungkin mengurangi intensitas komunikasi langsung di dalam keluarga. Internet menurutnya juga dapat menyebabkan para ibu menjadi konsumtif karena setiap hari  terpapar promosi barang-barang yang dianggap menarik dan murah.

” Karena itu, para wanita maupun pengguna internet harus melek teknologi digital dan  bijak menyaring informasi, cross-check ke sumber terpercaya ketika ingin meneruskan informasi, teliti sebelum mengunggah, dan mengamankan data pribadi di media sosial,” pesan Suyani.

Webinar ini turut mengundang Dr. Vivid Fitri Argarini, seorang motivator, konselor pendidikan, serta ahli media dan komunikasi untuk menyampaikan materi terkait pemanfaatan teknologi digital bagi wanita masa kini. Selain itu, webinar juga dihadiri oleh anggota DWP Kemenko Marves.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel