Penguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Gelar Pencocokan dan Penelitian Data Keuangan kemenko Marves Dorong Untuk Disiplin Berkas

Dibaca: 111 Oleh Sabtu, 18 Juli 2020Tidak ada komentar
Gelar Pencocokan dan Penelitian Data Keuangan kemenko Marves Dorong Untuk Disiplin Berkas
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bogor, Biro umum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyelenggarakan Penelitian dan Pencocokan (Coklit) Data Keuangan Triwulan I tahun Anggaran 2020, di Bogor, 16 – 17 Juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menyamakan data transaksi keuangan antara PPSPM dan Unit Kerja.

“Terkait dengan coklit ini, hanya menyampaikan kembali saya kira sudah biasa kita lakukan, seharusnya ini dilaksanakan bulan april tapi karena kondisi tidak biasa, baru bisa dilaksanakan sekarang. Tapi saya yakin teman-teman sudah melengkapi dokumen-dokumennya karena kita pernah sekali ketemu di kantor, kita tahu kondisinya atau status masing-masing PPK, dokumen – dokumen yang harus dilengkapi jumlahnya berapa. Nah saya tidak tahu sampai sekarang dari pertemuan pertama itu sudah selesai apa belum. Pertemuan itu bulan februari awal,” ujar Kepala Biro Umum, Tito Setiawan.

Tito mengingatkan agar terus mengoptimalkan kinerja tenaga administrasi di setiap bagian yang bertugas membantu PPK agar tidak menumpuk sampai di akhir tahun.

Baca juga:  Siap-siap ya, Inaugural Flight Citilink Halim – Silangit, 28 Oktober 2017

Selain itu, Tito juga menghimbau agar seluruh kegiatan untuk selalu didokumentasikan agar tidak kerepotan saat buktinya diminta oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Apabila ada kendala sampaikan kepada kami, siapa tau kami bisa bantu menyelesaikan, apakan dengan pimpinannya atau seperti apa, jadi masih ada tunggakan dokumen untuk triwulan pertama dan sekarang kita sudah masuk ke triwulan ke dua jadi saya mengharapkan agar cepat diselesaikan, tidak numpuk dengan triwulan ke dua,” jelasnya.

Kemudian Tito juga mengingatkan kembali agar setiap dokumen tidak ditunda pekerjaannya agar tidak menumpuk dan kesulitan di kemudian hari. Setiap dokumen agar selalu dicek dan recheck kembali agar kelengkapan dan kebenarannya tidak ada yang terlewat.

Dalam pembahasannya, masing – masing dari tiap perwakilan unit kerja memaparkan hasil penelitian dan pencocokan di triwulan pertama. Di antaranya memuat data realisasi penggunaan anggaran berupa pagu belanja, realisasi belanja, pengembalian belanja, realisasi uang muka dari UP, realisasi uang muka dari TUP, realisasi pajak UP, realisasi pajak TUP, penyelesaian piutang, dan realisasi belanja modal.

Baca juga:  Adakan Rapat Pokja RB, Kemenko Maritim Bahas Hasil Evaluasi Area Penguatan Pelayanan Publik  

Hasilnya kemudian disampaikan untuk selanjutnya ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM).

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel