BeritaPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Gelar Penelitian dan Pencocokan Laporan Keuangan Triwulan IV Tahun 2019, Biro Umum Sinergikan Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2020

Gelar Penelitian dan Pencocokan Laporan Keuangan Triwulan IV Tahun 2019, Biro Umum Sinergikan Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2020
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim dan Investasi –Bogor, Biro Umum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyelenggarakan Penelitian dan Pencocokan (Coklit) Data Keuangan Triwulan IV Tahun Anggaran 2019, di Bigland Renotel Bogor, 21-22 Desember 2019. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menyamakan data transaksi keuangan antara PPSPM dan Unit Kerja.

“Nantinya, pelaksanaan coklit akan didahului dengan pertemuan pendahuluan yang dilakukan untuk menginventarisir permasalahan dan tantangan yang ada. Setiap kendala harus dicarikan solusinya bersama,” ujar Kepala Biro Umum, Tito Setiawan, menjelaskan.

Tito mengingatkan agar masing-masing unit kerja mengoptimalkan tenaga administrasi yang bertugas membantu kerja PPK dalam melakukan pengecekan awal berkas-berkas keuangan yang kemudian akan dicek kembali oleh PPK. Sehingga proses verifikasi berkas dilakukan berlapis sejak awal.

Dalam pengantarnya, Kepala Biro Umum juga mengingatkan agar semua dokumen pertanggungjawaban hingga akhir tahun terus dicek dan ricek kembali untuk memastikan kelengkapan dan kebenarannya.

“Semua dokumen tidak hanya lengkap, tetapi harus benar. Ke depan, pengecekan berkas harapannya dilakukan secara berkala usai pelaksanaan kegiatan,” ujar Tito Setiawan.

Baca juga:  Kemenko Kemaritiman Evaluasi Kebijakan Penataan Ruang Laut Kawasan Strategis

Dalam pembahasan, masing-masing perwakilan unit kerja memaparkan hasil penelitian dan pencocokan yang sudah dilakukan sebelumnya. Di antaranya memuat data realisasi penggunaan anggaran berupa pagu belanja, realisasi belanja, pengembalian belanja, realisasi uang muka dari UP, realisasi uang muka dari TUP, realisasi pajak UP, realisasi pajak TUP, penyelesaian piutang, dan realisasi belanja modal.

Hasilnya kemudian disampaikan untuk selanjutnya ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM).

Sebagai persiapan pelaksanaan anggaran 2020, Kepala Biro Umum meminta agar dokumen seperti Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan SPK segera disiapkan dan harapannya sudah ditandangani pada bulan Desember. Sehingga pada bulan Januari, semua perangkat sudah bisa bekerja.

Dalam kegiatan ini juga dibahas tentang langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun anggaran 2020, yang di antaranya akan dilakukan melalui peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran melalui penelitian RKA-KL/DIPA, percepatan pelaksanaan program/kegiatan/proyek, percepatan proses PBJ, dan sebagainya. Hadir dalam kegiatan ini, Inspektorat; PPK dan SPK, dan Operator SAS dari masing-masing unit kerja; serta staf pelaksana pada Bagian Keuangan Biro Umum.

Baca juga:  8 Kementerian Sepakat Tingkatkan Perlindungan TKI Melalui Desa Migran Produktif

Biro Perencanaan dan Informasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel