BeritaBerita Deputi

Gerakan Aksi Kali Bersih Libatkan 7000 Relawan di Banjarmasin

Gerakan Aksi Kali Bersih Libatkan 7000 Relawan di Banjarmasin
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim–Banjarmasin, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang merupakan Koordinator Gugus Tugas Gerakan Indonesia Bersih pada rangkaian Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental melaksanakan Koordinasi untuk kegiatan Aksi Kali Bersih yang dilakukan secara serentak di sepanjang bantaran dan sungai Jalan Ahmad Yani di km 1-34 yang melintasi tiga kota/kabupaten, yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru, Jumat (20-9-2019).

Kegiatan Aksi Kali Bersih ini melibatkan kurang lebih 7,000 relawan yang terdiri dari unsur SKPD, BUMN, TNI/Polri, anak sekolah, mahasiswa, dunia usaha, komunitas, LSM, dan masyarakat umum.

Asisten Deputi (Asdep) Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Latief Nurbana yang hadir di lokasi mengungkapkan kegiatan Gerakan Kali Bersih itu merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Bersih.

“Selain langsung melakukan aksi nyata bersama, kami juga ingin mengedukasi masyarakat agar terus berperilaku hidup sehat, menjaga lingkungan supaya senantiasa bersih, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku bersih dan sehat, sehingga masyarakat bisa terbebas dari penyakit,” ujar Asdep Latief. Tak kalah penting, lanjut dia, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong, khususnya di daerah perkotaan.

Kegiatan Aksi Bersih ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarbaru, dan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Selain itu, dukungan juga datang dari Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru serta PT. PLN (Persero) Kota Banjarbaru dan PDAM Kota Banjarmasin.

Aksi Kali Bersih ini diselenggarakan pada pukul 07.00-10.00 WITA dan berhasil mengumpulkan 55 Ton sampah yang dikirim ketiga TPA terpisah, yakni TPA Basirih di Banjarmasin, TPA Gunung kupang di Banjarbaru dan TPA Bumi Cahaya Kencana di Kabupaten Banjar.

Asdep Latief berharap agar kegiatan Aksi Kali Bersih ini menjadi “Pemantik” dari Harapan besar untuk menjadikan Indonesia menjadi Negara Bebas Sampah di Tahun 2025 dengan mengurangi 70 persen sampah.

Lebih jauh, untuk mencapai target Indonesia bebas sampah pada tahun 2025, Presiden Joko Widodo telah memandatkan Program Gerakan Nasional Indonesia Bersih melalui Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. (**)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel