Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Gerhana Matahari Total Terlihat di Belitung Selama 2 Menit 10 Detik

By 24 Feb 2016 17:14Berita
GMT New

Maritim – Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 akan berlangsung selama 1 hingga 3 menit pada tanggal 9 Maret 2016. Fenomena ini dapat disaksikan secara utuh di 12 kota yaitu Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

Belitung merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat fenomena GMT pada 9 Maret 2016 mendatang. Di sana, gerhana akan terlihat pada pukul 07.00 WIB. Fenomena langka itu akan terlihat di Belitung selama 2 menit 10 detik.

Gerhana matahari total terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh permukaan matahari. Fenomena ini tidak akan terjadi diseluruh wilayah Indonesia, bahkan tidak pada seluruh benua di dunia. Hal inilah yang menjadi kebanggaan danpotensi untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia.

“GMT akan terjadi di wilayah barat. Karena di situ matahari dan bulan akan tepat bertemu dan 100 persen menutupi area matahari,” jelas Asisten Deputi Bidang Iptek Kemenko Maritim dan Sumber Daya Nani Hendiarti dijumpai redaksi di Kantornya, Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (24/2).

“Gerhana akan terjadi dari barat Indonesia melalui lautan Hindia sampai melintasi 12 provinsi itu,” tambah Nani.

Fenomena alam langka ini pernah terjadi 32 tahun lalu, dan ini menjadi fenomena alam yang paling mengesankan di Bumi yang diburu ilmuwan dan wisatawan dunia.

(Maritim/NN/Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Artikel Foto Berita Berita Deputi Siaran Pers
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gerhana Matahari Total Terlihat di Belitung Selama 2 Menit 10 Detik