Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Gunakan Media Sosial secara Positif dan Bijak

By 22 Feb 2019 February 26th, 2019 Berita
WhatsApp_Image_2019-02-22_at_8.10.46_PM

Menurut Inpres no. 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di mana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) bertugas melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pelaksanaanya. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menjadi koordinator salah satu programnya, yaitu Indonesia Bersih. Adapula program Indonesia Melayani oleh Kementerian PAN-RB, program Indonesia Tertib oleh Kemenko Polhukam, program Indonesia Mandiri oleh Kemenko Perekonomian, serta program Indonesia Bersatu oleh Kementerian Dalam Negeri

Kemenko PMK mengadakan Gathering “Positif Bermedia Sosial” pada Jumat (22/02/2019) di Four Points by Sheraton, Jakarta yang mengundang berbagai Kementerian, Lembaga, dan Komunitas dalam rangka penyebarluasan informasi tentang implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasiyas penggunaan internet secara positif, kreatif, dan bertanggungjawab. Mendorong masyarakat memiliki rasa bangga berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui media sosial masing-masing. Serta menumbuhkan gerakan akar rumput untuk menyebarluaskan konten Revolusi Mental, yang melibatkan generasi muda. Agenda kegiatan berupa pemaparan dari narasumber, yaitu Yuliana Hartato tentang grooming , Prof. Dr. Paulus Wirutomo, MSc tentang aksi nyata GNRM, serta adapula narasumber dari Google Indonesia dan Facebook Indonesia. Kemudian, dilanjutkan dengan mengikuti uji coba kereta MRT dari Stasiun Bundaran HI menuju stasiun Lebak Bulus.

Mengerti Tata Cara dan Etika Bermedia Sosial

Perkembangan dan penggunaan media sosial saat ini yang sangat cepat dalam komunikasi. Hal ini karena media sosial digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan pendapat, berbagai opini, dan meningkatkan diskusi dan membangun hubungan dengan orang lain. Namun, media sosial penting untuk digunakan secara cerdas dan sehat. Bermedia sosial memberikan peluang bagi generasi muda untuk merefleksikan nilai-nilai Revolusi Mental melalui berbagai platform media sosial. Revolusi Mental sendiri adalah gerakan untuk mengubah cara pandang, cara pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja bangsa Indonesia yang mengaci nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi kemajuan, agar Indonesia menjadi negara uang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Salah satunya dengan mengerti tata cara dan etika dalam bertindak, seperti contohnya kasus dimana influencer remaja Indonesia yang mendapat kesempatan khusus untuk ikut uji coba kereta MRT di mana ia mengunggah gambar di dalam kereta MRT dengan posisi ia berdiri di atas kursi tempat duduk dan menuai komentar negatif dari netizen. Inilah mengapa pentingnya Revolusi Mental, mengubah cara berpikir dan melakukan grooming, yaitu mengerti tata cara dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan ini bisa kita lakukan mulai dari diri sendiri, keluarga, kemudian ke lingkungan sekitar. Ini juga contoh untuk menggunakan sosial media secara bijak karena efek dari unggahan di sosial media bisa sangat besar apalagi jika ia merupakan orang yang berpengaruh (influencer).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Gunakan Media Sosial secara Positif dan Bijak