Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

#HPN2017 Aksi Sapta Pesona Jaga Kebersihan

By 09 Feb 2017 22:13Artikel
WhatsApp Image 2017-02-08 at 17.37.28

Ambon, — Dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2017, Menko Maritim Luhut B Pandjaitan memberikan sambutan dalam peluncuran Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona 2017 di Pantai Halong, Ambon (07/02/2017)

Dalam sambutannya Menko Luhut mengatakan, “Saya sudah berkunjung ke kawasan seluas 420 hektar tanah yang bisa dijadikan pusat aktivitas ekonomi di sana. Cruise terminal akan dibangun, saat ini sudah ada dua cruise yang merapat di sana. Pelabuhan akan dipecah menjadi tiga bagian, satu untuk penumpang atau wisatawan, satu untuk barang atau cargo, satu lagi untuk nelayan,” jelas Menko Luhut.

Masih dalam sambutannya, ia mengatakan pemerintah pusat serius membangun infrastruktur dasar, termasuk pelabuhan, yang akan menjadi hub untuk pemerataan pembangunan di daerah.

“Maluku ini adalah provinsi termiskin nomor tiga di Indonesia, tetapi memiliki indeks kebahagian tertinggi di tanah air. Tidak lama lagi, Maluku akan maju bersama sektor pariwisata,” tegasnya.

Menurutnya sektor pariwisata adalah industri yang paling murah dan menyerap tenaga kerja paling banyak, demikian dikatakannya pada acara yang juga diselenggarakan Menpar Arief Yahya.

Pemerintah, katanya, tidak akan mampu mengerjakan sendiri, harus didukung oleh seluruh unsur masyarakat. Ia mencontohkan masalah sampah, jangan lagi ada yang membuang sampah, termasuk plastik ke laut, karena laut adalah aset atraksi andalan Ambon dan provinsi Maluku sebagai daerah tujuan Wisata Bahari.

“Plastik ini kalau dibuang ke laut akan dimakan ikan. Lalu ikan kita makan, anak cucu kita akan mengkonsumsi ikan yang sudah mengandung plastik. Itu akan merusak genetik anak cucu kita kelak,” imbaunya kepada hadirin. Situasi ini menurut Menko Luhut cukup mengkhawatirkan.

“Kemarin saya lihat hasil penelitian dari California AS, ikan yang kita bedah perutnya 62% mengandung plastik. Di Makassar, 23% ikan sudah rusak karena makan plastik. Saya lagi minta diteliti 15 kota lain di Indonesia, termasuk Ambon inj,” jelas Menteri Luhut. Karenanya, Menteri Luhut berpesan agar jangan membuang sampah plastik di laut.

“Kalau itu masih saja dilakukan, akan mencederai anak cucu kita di masa dating,” pesan Menko Luhut seraya mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih pantai, termasuk dari sampah dan plastik. Ia mengingatkan wisatawan tidak akan datang di kawasan yang kumuh dengan sampah berserakan. Menko Luhut memimpin gerakan kebersihan yang beraksi membersihkan pantai Halong.

Kunjungan kerja Menteri Luhut ke Ambon dalam rangka menghadiri puncak HPN 9 Februari 2017 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo. ***

#HPN2017 Aksi Sapta Pesona Jaga Kebersihan