Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Implementasi Nilai PATEN, Menjadikan Indonesia yang Terbaik

WhatsApp_Image_2019-02-27_at_20.33.37

Maritim — Jakarta, Berdasarkan hasil rekomendasi atas evaluasi implementasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2017, Kementerian PAN & RB budaya kerja “PATEN” dari Kemenko Bidang Kemaritiman, kemudian ditindaklanjuti dengan penerbitan Keputusan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor 67 Tahun 2018 tentang Implementasi Budaya Kerja Passion, Accountable, Teamwork, Effiecient/Effective, dan Networking di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Guna membangun nilai PATEN dalam diri Aparatur Sipil Negara (ASN), Kemenko Bidang Kemaritiman bekerjasama dengan Tim ACT melaksanakan Workshop Internalisasi Nilai PATEN. Workshop ini melibatkan 102 (seratus dua) pegawai mulai dari struktural hingga fungsional yang berasal dari 24 unit Eselon II dilingkup Kemenko Bidang Kemaritiman dan dibagi dalam 2 (dua) Batch yaitu tanggal 26 dan 27 Februari 2019 di Menara 165, Jakarta.

Workshop Internalisasi Budaya Kerja Organisasi “PATEN” bertujuan agar pegawai mengetahui nilai-nilai budaya kerja organisasi dan mampu mengimplementasikannya. Para Peserta workshop diharapkan bisa menjadi agent of change pada unit kerja masing-masing, sehingga penguatan dan implementasi reformasi birokrasi lebih cepat dan nyata di Kemenko Bidang Kemaritiman. Hal ini karena Implementasi budaya kerja PATEN tidak cukup dengan hanya slogan dan simbol, namun perlunya dilakukan upaya-upaya melalui pelatihan dan penetapan target terukur untuk menggerakkan organisasi dalam melakukan perubahan serta monitoring secara berkala dengan membangun mind set dan culture set.

“Jadi saya berharap ini semua bisa ditularkan, bukan hanya di lingkungan kerja kita, tapi juga di lingkungan keluarga kita, karena yang paling penting adalah kita menghargai orang tua,” kata Agus Purwoto, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Nilai-nilai PATEN ini perlu ditanamkan kepada para ASN memasuki VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) Era, di mana perubahan terjadi dengan cepat secara makro di dunia dan tidak ada lagi kepastian dan ketidakpastian menjadi hal yang normal sekarang. Oleh karena itu implementasi nilai PATEN di lingkungan kerja masing-masing sangat penting.

“VUCA adalah era yang distruptive dan era digital, dan sudah sampai pada era 5.0. Pertanyaannya leadership seperti apakah yg dibutuhkan untuk menghadapi era seperti ini. kecepatan perubahan dan teknologi sudah seperti Ferrari, sementara kondisi kita saat ini seperti masih mengendarai Karimun. Di era 5.0 kita harus mampu menghadapi persaingan, khususnya dalam hal leadership.” kata Ary Ginanjar Agustian, ESQ Leadership Center.

Workshop yang bekerja sama dengan ESQ Leadership Center ini dibuka dengan perkenalan antar peserta dan dilanjutkan dengan pemamparan dari Bram Wibisono, salah satu trainer dari ESQ. Peserta melakukan aktivitas seperti pelatihan, diskusi, dan permainan untuk peserta melatih nilai-nilai PATEN dalam diri mereka. Peserta dibagi per kedeputian atau biro, kemudian melakukan diskusi studi kasus dalam masing-masing kelompok yang telah dibagi masing-masing satu nilai dari PATEN lalu wakil dari masing-masing kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusinya.

Peserta juga diajak melakukan perjalanan keluar dari diri guna membangun pemikiran dan perasaan holistik serta menghilangkan egosentris. Hal ini karena dalam hubungan dengan pekerjaan, akan memberikan kesadaran bahwa kita adalah bagian dari sebuah tim, tim adalah bagian dari organisasi, dan organisasi adalah bagian dari bangsa, dan bangsa adalah bagian dari semesta.

“Apapun posisi Anda sekarang, cara berpikir Anda harus besar yakni berpikir untuk kepentingan Negara Indonesia, berpikirlah bahwa Anda akan menjadi pemimpin dan bagaimana Anda dapat mengembangkan Indonesia. Dan hilangkan sifat pesimis karena Indonesia akan menjadi the best dan Anda harus siap menjadi bagian dari the best itu.” kata Agung Kuswandono, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Implementasi Nilai PATEN, Menjadikan Indonesia yang Terbaik