BeritaPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Implementasikan Reformasi Birokrasi, Biro Komunikasi Adakan Workshop Monev Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Dibaca: 27 Oleh Kamis, 27 Mei 2021Tidak ada komentar
Implementasikan Reformasi Birokrasi, Biro Komunikasi Adakan Workshop Monev Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-337/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2021

Marves Tangerang, Untuk mengukur tingkat kemajuan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Biro Komunikasi melaksanakan workshop terkait pedoman monitoring dan evaluasi SPBE. Implementasi SPBE di Kementerian/Lembaga telah diatur dalam dalam Permen PAN RB Nomor 59 Tahun 2020, targetnya adalah terselenggaranya kegiatan pemerintah yang terbuka, partisipatif, inovatif, kolaboratif, dan dapat diukur dengan jelas. Dengan kata lain nilai indeks SPBE dapat digunakan sebagai salah satu alat ukur seberapa baik nilai reformasi birokrasi yang terjadi dalam sebuah kementerian atau lembaga, khususnya di lingkup Kemenko Marves.

Membuka workshop ini, Kepala Biro Komunikasi Andreas Dipi Patria mengingatkan bahwa Kemenko Marves masih perlu terus belajar untuk mengejar ketertinggalan dalam pencapaian nilai indeks SPBE, dan saya kira kegiatan ini merupakan bagian dari strategi untuk mendongkrak agar nilai indeks SPBE Kemenko Marves dapat meningkat atau sesuai target yang ditetapkan.

“Kita perlu terus belajar dan terlibat secara aktif dalam mengimplementasikan SPBE dalam kita bekerja, karena inilah potret kita seberapa jauh kinerja sebagai aparatur negara. Saya harap, dari workshop ini kita mampu mengukur seberapa jauh implementasi SPBE serta kekuatannya, sehingga kita juga dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk memperbaikinya,” ujar Karo Komunikasi Andreas (27-05-2021).

Baca juga:  Kampanye GBBI, Menko Luhut Ajak Pejabat Negara Belanja Produk Lokal Online

Dalam workshop tersebut, selain diinformasikan terkait bagaimana pelaksanaan monev SPBE Tahun 2021 ada beberapa tahapan yang harus dilalui, antara lain  mulai dari persiapan, pelaksanaan serta tahapan pelaporan yang pelaksanaanya perlu komprehensif dan terukur, dan setelah dilakukan penilaian mandiri dilanjutkan dengan interview dan visitasi untuk validasi.

Pada kesempatan tersebut, juga dibahas tentang draft rancangan naskah akademik kebijakan internal tata Kelola SPBE Kemenko Marves dengan  mengundang narasumber terkait, dalam rangka untuk pengkayaan dokumen tersebut.

Kepala Bagian Data dan Sistem Informasi Anjang Bangun Prasetio, menargetkan adanya peningkatan nilai indeks SPBE Kemenko Marves tahun ini agar mencapai angka 3 (tiga), dimana sebelumnya berada di angka 2,5 (penilaian mandiri tahun 2020). “Oleh karena itu perlu kita persiapkan diri secara maksimal dalam penyiapan monev SPBE,” ujar Kabag Tio.

Acara ini selain dihadiri oleh peserta internal Kemenko Marves, perwakilan 7 (tujuh) kementerian di bawah Kemenko Marves, juga menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten antara lain perwakilan dari Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana-Kemen PAN RB, Direktorat Sistem Prosedur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan-Kementerian PPN Bappenas, Direktorat Layanan Aplikasi Informasi Pemerintahan-Kominfo,  Analisis Keamanan Siber BSSN serta Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, BPPT.
 
Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Baca juga:  Silaturahmi bersama 7 K/L Teknis, Kemenko Marves Bahas Manajemen Krisis dalam Komunikasi Pemerintah

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel