Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Indahnya Gerhana Matahari Total Dari Kota Laskar Pelangi

By 20 Mar 2016 14:10Artikel
REZISE

Maritim – Keindahan yang ditawarkan Belitong atau Belitung pada wisata baharinya memang sangat menawan. Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan, dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai.

Selain dua pulau utama, terdapat beberapa pulau kecil lain yang menarik untuk dikunjungi di kawasan ini. Sampai di kepulauan ini, Anda bisa menjajal wisata bahari seperti snorkling, memancing, hingga berlayar.

Keindahan itu semakin lengkap, saat Belitung menjadi tempat terbaik menikmati gerhana matahari total. Bersyukur, Tim Ekspedisi Maritim Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 membuktikan sendiri keindahan wilayah ini.

Salah satu pulau andalan pariwisata di Bangka Belitung yaitu Pulau Lengkuas. Pulau ini merupakan salah satu pulau dari berbagai pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Pulau kecil dengan luas kurang dari satu hektar ini terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yang menarik di Pulau Lengkuas, adanya sebuah mercusuar tua yang telah dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1882. Walaupun usianya sudah sangat tua tapi sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik.

Mercusuar ini dipakai sebagai rambu lalulintas kapal yang keluar masuk ke Pulau Belitung. Dan KM. Kelud, yang membawa rombongan Ekspedisi Maritim GMT 2016 sempat berhenti di dekat mercusuar. Tinggi mercusuar ini kurang lebih 50 meter.

KM Kelud sampai di perairan Belitung pada subuh, 9 Maret 2016. Peserta yang berjumlah kurang lebih 1000 orang bersiap melihat GMT 2016, fenomena alam langka yang begitu singkat.

Peserta GMT 2016 berbondong-bondong menuju geladak kapal dengan kacamata gerhana yang telah dibagikan oleh panitia sehari sebelumnya. Selain membawa kacamata gerhana, peserta pun tak lupa membawa barang-barang yang dapat mengabadikan fenomena ini seperti kamera poket, telepon genggam berkamera, kamera DSLR dan lain sebagainya.

Selain peserta, para jurnalis yang terdiri dari pewarta foto dan jurnalis tv serta cetak maupun online ini juga berkumpul di geladak mengabadikan jalannya proses fenomena tersebut. Tepat selama 2 menit 10 detik gerhana terjadi, tak seorang pun melewatkan kejadian alam ini, saat bulan menutupi matahari. Riuh rendah mewarnai peristiwa singkat itu. Ada yang bersyukur, ada yang berdoa.

Masing-masing individu memiliki gambaran yang menarik tentang gerhana matahari total. Setelah gerhana usai, kapal pun bergerak kembali menuju Pulau Tanjung Pandan dekat dengan Kota Belitung.

Sesaat usai menikmati gerhana matahari, peserta GMT 2016 diajak menikmati pemandangan pantai Tanjung Kelayang dan pantai Tanjung Tinggi.

Namun, untuk menuju kesana, sebelumnya harus melalui perairan Tanjung Pandan yang terletak di Selatan Sumatera, Indonesia. Sekitar 10017 km dari Jakarta, Tanjung Pandan juga merupakan adalah tujuan populer. Belum ke Tanjung Pandan rasanya jika Anda tidak berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang.

Di sini, wisatawan akan disajikan pantai berpasir putih dengan formasi batu granit unik yang indah nun jauh dipandang. Dipastikan, para wisatawan, traveler, photographer berburu momen spesial di kawasan ini.

Hanya berjarak sekitar 1 km dari Tanjung Kelayang, ada juga pantai unik, tempat shooting wisata Laskar Pelangi, yaitu Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Dusun Tanjung Tinggi, Desa Keciput Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Belitung. Pantai Tanjung Tinggi berbentuk teluk kecil sepanjang kurang lebih 1000 meter, berpasir putih dan hamparan bebatuan granit yang tersusun rapi. Jika Anda mengunjugi Pantai Tanjung Tinggi akan merasakan seolah-olah berada di dunia penuh dengan khayalan.

Pantai Tanjung Tinggi memang eksotis dan sangat memikat. Panorama alam Pantai Tanjung Tinggi membuat decak kagum para peserta GMT 2016, mereka menikmati keindahan yang disuguhkan oleh alam dengan berfoto diatas batu granit yang berbaris indah. Bahkan keindahan terumbu karang di Pantai Tanjung Tinggi dapat dilihat dengan kasat mata saat kita berada di atas bebatuan.

Untuk diketahui, Babel merupakan daerah kepulauan yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Selain wisata, timah menjadi ikon lain kota ini.

(Maritim/Nn/Gal/Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Berita Deputi Foto Artikel Siaran Pers Reformasi Birokrasi Informasi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Indahnya Gerhana Matahari Total Dari Kota Laskar Pelangi