Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Indahnya Labuan Bajo Kota Pelabuhan Di Flores

By 29 Dec 2015 17:44Artikel
Salila_in_Labuan_Bajo1

Indonesia kaya akan tempat wisata, termasuk di kawasan sebelah timur Indonesia. Ada Labuan Bajo yang pasti akan membuat Anda berdecak kagum dengan keindahannya. Pemandangannya sungguh memanjakan mata!

Anggapan mengenai wilayah Indonesia bagian timur yang gersang dan membosankan ternyata salah besar. Siapa sangka di sana tersimpan surga dengan keindahan alam dan keramahan penduduknya. Tidak perlu jauh-jauh ke Machu Picchu untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit, Indonesia punya Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang tidak kalah indahnya.

Untuk mencapai ke sana, Anda dapat menggunakan penerbangan melalui Denpasar-Bali, lalu dilanjutkan ke Labuan Bajo. Di mana anda harus merogoh kantong sekitar Rp 3.500.000 yang terdiri dari penerbangan Jakarta-Denpasar-Jakarta dan Denpasar-Labuan Bajo-Denpasar. Cukup mahal untuk traveling ala backpacker. Tetapi percayalah, itu semua terbayar dengan keindahan alamnya.

Begitu tiba di bandara Komodo-Labuan Bajo, Anda akan diantar ke hotel yang letaknya cukup dekat dari bandara, dengan jarak tempuh yang hanya sekitar 5 menit. Anda dapat menggunakan fasilitas penjemputan dari hotel atau ojek yang lewat depan bandara. Untuk hotel, Anda dapat memilih dengan harga yang terbilang cukup murah yaitu yang berkisar antara Rp 300.000 – 500.000 per malam dengan fasilitas AC, televisi, sarapan dan yang paling penting pemandangan pantai dari depan kamar yang sangat indah dengan perahu-perahu dan birunya air laut. Untuk wisata kuliner, Anda dapat mencicipi aneka masakan baik di cafe maupun kaki lima pinggir pantai.

Kota Labuan Bajo sangat terkenal dengan wisata Taman Nasional Pulau Komodo yang termasuk dalam World Heritage UNESCO dimana di dalamnya terdapat habitat lebih dari 2.000 ekor Komodo. Untuk mencapai ke sana, Anda dapat menyewa perahu dari dermaga dengan tarif berkisar sekitar Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 3.000.000 untuk satu perahu, tergantung tujuan Anda, dengan kapasitas perahu sekitar 8–12 orang. Fasilitas yang didapat di antaranya: penyewaan perahu, makan siang, pelampung dan alat snorkeling.

Beberapa pilihan tujuan di antaranya Anda dapat mengunjungi Loh Buaya di Pulau Rinca, Loh Liang di Pulau Komodo dan berenang atau snorkeling di Pink Beach untuk perjalanan satu hari (sekitar 12 jam). Atau jika Anda suka berpetualang, dapat mengambil pilihan tur 3 hari dan menginap di perahu tersebut.

Mengunjungi Loh Buaya atau Loh Liang tidak bisa sembarangan, karena Komodo berkeliaran bebas di pulau tersebut. Anda wajib ditemani oleh ranger yang akan mengantar Anda trekking. Pilihan trekking pun ada bermacam-macam, Anda dapat memilih short tracking, medium atau long tracking dengan waktu tempuh antara 1 jam sampai dengan 3 jam.

Bagi Anda yang tidak terbiasa trekking, Anda tidak perlu khawatir. Untuk pilihan short tracking pun sudah cukup menarik, di mana Anda akan menyusuri hutan dalam waktu kurang lebih 45 menit-1 jam dan Anda akan bertemu dengan komodo, babi hutan, kerbau, rusa, ular bahkan burung kakak tua. Sensasi yang sangat menarik sekaligus juga  menegangkan, terutama saat Anda bertemu komodo.

Setelah trekking 1 jam di Pulau Rinca, Anda akan terkesima melihat keindahan pemandangan pulau tersebut dari puncak bukit. Pemandangan antara gunung yang gersang, hutan, dan birunya air laut serta perahu-perahu yang akan berlabuh menjadi satu. Perjalanan 4 jam menuju ke pulau ini terbayar sudah. Indah sekali!

Perjalanan indah ini dapat Anda tutup dengan berenang di Pink Beach, menikmati birunya air laut, karang laut yang berwarna hijau toska dan pasir pantai yang berwarna pink atau snorkeling menikmati alam bawah lautnya yang masih asri. Tunggu apalagi!

Nn

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Siaran Pers Berita Artikel Berita Deputi Foto
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Indahnya Labuan Bajo Kota Pelabuhan Di Flores