Berita

Indonesia Angkat Pengelolaan Sawit Berkelanjutan di COP 24 Polandia

Indonesia Angkat Pengelolaan Sawit Berkelanjutan di COP 24 Polandia
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Pekanbaru , Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Kedeputian Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim bersama dengan Tim Jurnalis Polandia Station mengunjungi Perkebunan Sawit milik PT. Sari Lembah Subur (SLS) yang terdapat di daerah Ukuy kab. Pelalawan, Pekan Baru, Riau (17/11). Kunjungan ini juga didampingi oleh Staf Ahli Bidang Media Kemenko Maritim Ezki Suyanto.

Kunjungan ini diawali dengan melihat langsung ke perkebunan kelapa sawit dan mempelajari bagaimana proses dalam pemetikan buah kelapa sawit tersebut. Selain itu, tim juga mengunjungi Koperasi Unit Desa, yang mengurus kesejahteraan petani yang bekerja di pabrik tersebut.

Saat ini jumlah Karyawan PT Sari Lembah Subur sebesar 1.944 orang dengan total karyawan lokal sebesar 65%. PT SLS memiliki total areal 18.800 ha terbagi menjadi 7.470 ha inti dan 11.118 ha plasma serta didukung 2 pabrik pengolahan berkapasitas 105 Ton/jam.

Setelah itu, tim juga melakukan kunjungan ke pabrik Sari Lembah Subur (SLS) untuk melihat bagaimana proses pembuatan Crude Palm Oil (CPO) atau minyak mentah. Dimulai dengan proses sterilizer (perebusan) dari buah untuk memisahkan biji tersebut dengan cangkangnya setelah itu biji akan di press untuk memisahkan minyak dengan bijinya.

Tidak hanya dalam pembinaan terhadap kelapa sawit, tapi koperasi unit desa juga membina nelayan dan masyarakat lain, agar dapat menjaga lingkungan, baik itu terhadap habitat, agar terjaga kelestariannya.

Selain mengembangkan perkebunan kelapa sawit perusahan ini juga membentuk berbagai program untuk konservasi dan pembinaan masyarakat. Program itu terdiri atas program ekonomi (income generating activity), pendidikan, kesehatan serta lingkungan.

Kegiatan ini diselenggarakan sehubungan dengan diadakannya Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim, atau sering disebut The Conferences of the Parties United Nations Climate Change Conference (COP) ke-24 akan berlangsung pada tanggal 3 hingga 14 Desember 2018 di Katowice, Polandia

*Biro Informasi dan Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman*

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel