Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Indonesia Siap Menggelar Konferensi Nasional Geopark

075432900_1437826257-20150725_Dibanjiri_Pendaki__Gunung_Rinjani_Dipenuhi_Sampah_NTB

Maritim-Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersinergi dengan kementerian/lembaga terkait diantaranya, Badan Perencanaaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan siap menggelar Konferensi Nasional Geopark Indonesia yang kali ini mengambil tema Pengembangan Geopark sebagai Jalan Baru Peningkatan Ekonomi Berkelanjutan. Konferensi nasional juga ajang pemanasan Indonesia sebelum menjadi tuan rumah Asia Pacific Geopark Network Conference 2019 yang rencananya akan diadakan di Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Konferensi nasional Geopark ini akan berlangsung pada tanggal 12 Juli 2018, bertempat di Auditorium Bappenas, Jakarta, dihadiri 450 peserta yang terdiri dari perwakilan pemerintah pusat dan daerah, BUMN, jaringan geopark Indonesia, akademisi dan peneliti, pegiat olahraga dan pemerhati lingkungan serta para pegiat industri kreatif dan khalayak umum. , Konferensi ini dapat dikatakan sebagai ajang pertemuan para stakeholders dalam percepatan pengembangan dan pemanfaatan kawasan Geopark di Indonesia, dan memperkuat pemahaman serta dukungan dari berbagai pihak dalam mengembangkan Geopark di Indonesia.

“Kami di Kemenko Maritim telah berkoordinasi dengan Bappenas mengenai persiapan teknis acara, dukungan pendanaan dan sponsor, undangan pembicara yang rencananya akan menghadirkan Pak Menko Maritim, Menpar, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Kepala BKPM terus dikonfirmasi oleh panitia,” ujar Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Elvi Wijayanti dalam rapat di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Dukungan juga ditegaskan oleh Kepala Biro Informasi dan Hukum Kemenko Maritim Latief Nurbana. “Kami dari Badan Informasi dan Hukum  Kemenko Maritim juga akan mengerahkan segenap sumber daya kami untuk turut menyukseskan acara tersebut, terkait publikasi akan kami maksimalkan. Rencana mengajak serta para insan media baik cetak maupun elektronik pun akan kita optimalkan, sinergi dan koordinasi dengan humas k/l terkait juga mutlak dilakukan untuk menambah gaung acara ini, ” Ujar Kepala Biro Informasi dan Hukum Kemenko Maritim Latief Nurbana dalam rapat yang juga dihadiri oleh Plt Kepala Biro Humas Bappenas ini.

Rapat finalisasi konsolidasi pendanaan, koordinasi peserta, pengecekan kesiapan teknis oleh panitia dan EO. Rapat juga membahas side event  pra konferensi  berupa  focus group discussion pengelolaan sampah bagi Badan Pengelola Geopark dan Taman Nasional yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 11 Juli 2018.

Konferensi Nasional juga dimeriahkan dengan pameran UNESCO Global Geopark, pameran geopark Indonesia dan pentas budaya. Sampai saat ini Indonesia telah memiliki 4 UNESCO Global Geopark yakni di Batur Unesco Global Geopark, Bali, Geopark Gunung Sewu, Jawa Tengah, Geopark Rinjani di Nusa Tenggara Barat dan Geopark CIletuh-Palabuhan Ratu di Jawa Barat. Selain yang telah memperoleh status UNESCO, Indonesia memiliki geopark nasional kaldera toba, geopark merangin, Jambi, Kawasan Cadas Sangkulirang, Kalimantan Timur, Rammang-rammang, Maros Sulawesi Selatan, Raja Ampat, Belitung dan masih banyak lagi juga akan tampil dalam pameran. ***

Foto: Liputan6

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Program Suar Kemaritiman Siaran Pers Narasi Tunggal
Sort by
Suar Kemaritiman Edisi 16 – 17 Juli 2018
2018-07-17 12:38
Biro Informasi dan Hukum

1

Suar Kemaritiman Edisi 14 – 16 Juli 2018
2018-07-16 17:27
Biro Informasi dan Hukum

1

Kunjungan Menko Luhut ke PT PAL
2018-07-16 15:10
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut “Perang Dagang Adalah Peluang”
2018-07-16 15:00
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut Tinjau Dermaga Porsea di Balige
2018-07-13 13:07
Biro Informasi dan Hukum

1

Menko Luhut: “Danau Toba Kini Mempunyai Galangan Kapal”
2018-07-13 12:57
Biro Informasi dan Hukum

1

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Indonesia Siap Menggelar Konferensi Nasional Geopark