Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Ini Dia Rute Pelayaran ‘Spirit of Majapahit’

6. Secara simbolis Deputi 4 Bidang SDM,Iptek dan Budaya Maritim melaksanakan Ritual Pecah Kendi di dampingi Pejabat dari Kemenhub, Armabar dan Para Awak Kapal Spirit of Majapahit

Maritim – Deputi IV bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim, Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya Safri Burhanuddin mengatakan pelayaran ‘Spirit of Majapahit’ dilakukan dengan kapal berukuran tak besar dan fasilitas minim. Sesuai dengan kapal yang dahulu dipakai oleh pelaut Majapahit yang berhasil sampai ke Jepang.

“Pelayaran dimulai dari Jakarta menuju Pontianak. Lalu melalui tepi Selat Karimata, lalu menyusup ke pantai barat Kalimantan sampai ke Brunei Darussalam. Lalu dari Brunei lanjut ke arah utara sampai Manila,” ujar Safri di Jakarta, belum lama ini.

Dari Manila sampai ke Taiwan Selatan dan seterusnya hingga berakhir di Jepang. Safri pun berharap, kedatangan Ekpedisi ‘Spirit of Majapahit’ di tiap-tiap persinggahan disambut dengan acara bertema kebudayaan sesuai dengan tema pelayaran.

“Oleh sebab itu, kami tengah mengomunikasikan jauh-jauh hari kepada KBRI untuk mempersiapkan sambutan tersebut,” jelasnya.

Untuk peserta pelayaran sendiri merupakan gabungan. Ada pelaut dari Bira, Jawa, Jepang dan mahasiswa. Mereka merupakan pelaut profesional, kecuali mahasiswa. “Untuk waktu berlayarnya, kita belum kapan pastinya, semoga bisa secepatnya,” demikian Safri.

(Odd/Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Deputi Siaran Pers Foto
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ini Dia Rute Pelayaran 'Spirit of Majapahit'