Berita Deputi

Jelang Simposium APGN, Lombok Terus Dibenahi

Oleh 24 Jul 2019 Juli 25th, 2019 Tidak ada komentar
Jelang Simposium Apgn, Lombok Terus Dibenahi
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

 

Maritim—Mataram, 40 hari menjelang pelaksanaan symposium Asia Pasific Geopark Network/Jaringan Taman Bumi Asia Pasifik (APGN) 2019 di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi untuk terus membenahi kawasan yang telah menjadi 10 destinasi prioritas tersebut.

Asisten Deputi Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Latief Nurbana meminta seluruh panitia untuk mempersiapkan perhelatan ini sebaik mungkin, untuk itu mereka diminta untuk membuat matriks.

“Agar membuat matriks detil progress untuk setiap tahapan kegiatan, dari persiapan sampai dengan kepulangan peserta. Dalam matrik tersebut paling tidak berisi progress, PIC, PJ, target waktu, pembiayaan, komitmen dan solusi. Maksimal satu bulan sebelum kegiatan dimulai yaitu tanggal 31 Agustus 2019” ujarnya dalam rapat koordinasi dengan pemerintah daerah di Mataram, Rabu (24-7-2019).

Yang tidak kalah penting menurutnya adalah agar panitia mengupayakan dalam pelaksanaan symposium, penggunaan kertas dilakukan seminimal mungkin. “Untuk mendukung program NTB Zero Waste , saya minta agar simposium ini bersifat paperless ,” tegasnya.

Dengan sistem itu, menurutnya, peserta tinggal mengunduh materi-materi simposium melalui link cloud yang telah disiapkan oleh panitia atau mendapatkan materi melalui flash disc yang diberikan oleh panitia.

Selain itu, tambah Asdep Latief, hal lain yang harus diperhatikan yakni kebersihan jalur yang akan dilewati oleh para peserta, mulai dari bandara sampai ke hotel atau lokasi acara. “Penting untuk meninggalkan kesan yang baik bagi para peserta dengan membuat tempat ini menjadi bebas sampah,” pintanya.

Untuk mendukung pelaksanan simposium APGN, tambah dia, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan direncanakan hadir membuka acara itu.

Hadir dalam rakor tersebut Kepala Bappeda Provinsi NTB Wedha Magma Ardhy, General Manager Rinjani Lombok UGGp Chairul Mahsul, Perwakilan Scientific Committee APGN 2019 Yunus Kusumabrata dan Kepala Dinas Pariwisata NTB, Kepala BKSP NTB.

Beberapa perwakilan dari dinas terkait yang juga nampak hadir antara lain Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas LHK, Dinas ESDM, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfotik, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Penanaman Modal & PTSP. Sementara itu, dari perwakilan dari pihak swasta juga hadir perwakilan dari ASITA, Direktur WWF, dan unsur sekretariat panitia.

Rapat diawali oleh pemaparan tentang progress persiapan APGN 2019 oleh Chairul Mahsul, kemudian disusul dengan penyampaian detil pelaksanaan simposium oleh Scientific Committee APGN 2019 Yunus Kusumabrata.

Lebih jauh, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi NTB Lalu Mohammad Faozal mengatakan pihaknya telah mempersiapkan 365 kegiatan untuk menyambut tamu APGN 2019. “Kami telah menyiapkan tidak kurang dari 365 item kegiatan yang panitia akan lakukan semenjak dari penyambutan kedatangan peserta di bandara, Sidang UNESCO Global Geopark Council di Gili Trawangan, Welcome party, Opening Ceremony, Presentasi Abstract simposium, field trip, pameran geofair, pameran UMKM, Gala Dinner, Farewell Dinner, Closing Ceremony sampai mengantar peserta pulang ke Bandara” ujarnya. Diperkirakan peserta akan hadir dari kawasan Asia Pasifik, Afrika, Eropa dan Kanada.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel