Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kebangkitan Olahraga Bahari Nasional Meriahkan Pesta Sail Selat Karimata

img-20161013-wa0035
[Humas-Maritim] Ketapang – Kemenko Bidang Kemaritiman Republik Indonesia menggelar kegiatan Focuss Group Discussion (FGD) Strategi Pengembangan Olahraga Bahari Nasional Dalam Mewujudkan Kebangkitan Olahraga Bahari Menuju Poros Maritim Dunia, pada Kamis (13/10) di Hotel Borneo Emerald, Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

FGD ini dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan rangkaian Sail Selat Karimata 2016 yang digelar di empat provinsi,di mana untuk Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat diadakan pada tanggal 12 – 15 Oktober 2016.

Menurut Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olah Raga Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kosmas Harefa, dalam sambutannya dalam mewakili Kemenko Maritim, bahwa momentum Sail Selat Karimata harus dimanfaatkan sebagai titik awal Kebangkitan Olahraga Bahari Nasional.

“Kita harus bisa hidupkan kembali Olahraga Bahari Nasional. Oleh karena itu, kita harus sungguh-sunguh dalam FGD ini agar bisa melahirkan butir-butir rekomendasi yang bisa kita diskusikan”, katanya.

Untuk membangkitkan olahraga bahari nasional ini, lanjut Kosmas, Kemenko Bidang Kemaritiman akan terus memainkan perannya sebagai Kementerian Koordinator yang akan terus mendorong, mengkoordinasikan semua lini dan sektor terkait untuk dapat menggalakkan olahraga bahari nasional ini.

Karena menurutnya, yang ingin dicapai dari olahraga bahari nasional adalah menjadikan indonesia sebagai Plaza atau tempat-tempat bermain para pencinta bahari dunia.

“Itu ingin yang kita capai. Melalui berbagai variasi kegiatan itu, event pertandingan melalui olahraga prestasi, bisa sifatnya exhibition, pesta budaya pantai, atau permainan-permainan masyarakat pesisir. Itu semua adalah bagian dari tugas besar kita dalam misi besar membangun indonesia menjadi poros maritim dunia”, jelasnya.

Selain itu, Toni Kusworo, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi KONI pusat yang juga sebagai pembicara dalam FGD menambahkan, Olahraga bahari yang dimaksud adalah olahraga yang pelaksanaannya dilakukan di atas permukaan air laut dan di sekitar pantai. Olahraganya mencakup olahraga prestasi dan rekreasi seperti Dayung, Selam, Memancing, Jetski, dan lain-lain. “Berbagai perlombaan olahraga bahari nasional yang tengah memeriahkan event Sail Selat Karimata 2016 ini diantaranya, lomba memancing, dayung Dragon Boat, dan kapal hias,” imbuh Toni.

Kebangkitan Olahraga Bahari Nasional Meriahkan Pesta Sail Selat Karimata