BeritaFotoBerita DeputiDeputi 1Penguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Kedisiplinan Menjadi Kunci Demi Meningkatkan Kinerja Pegawa Negeri Sipil

Dibaca: 78 Oleh Selasa, 9 November 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 11 09 at 9.41.22 PM 3
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-713/HUM/ROKOM/SET.MARVES/XI/2021

Marves, Solo — Kedisiplinan merupakan hal yang begitu penting bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil. Hal tersebut tercantum dalam PermenPANRB No. 8/2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS yang harus disesuaikan dengan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) periode semester kedua 2021. Seraya menyinkronkan hal tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi (Deputi 1) melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan SKP pada Selasa, (09-11-2021).

“Kedisiplinan merupakan kunci kita untuk bekerja dengan baik demi bangsa dan negara. Bimtek ini diharapkan mampu memberikan bekal bagi kita semua agar mampu menyusun SKP dengan maksimal berdasarkan pada PermenPANRB terbaru,” buka Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Ishak O. Manafe.

Sebagai pembuka, turut hadir Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Haryomo Dwi Putranto yang memberikan materi terkait Disiplin PNS. Menurutnya, kesanggupan tiap PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang diatur dalam undang-undang merupakan pengertian universal yang harus selalu dipahami sebagai kedisiplinan oleh setiap PNS, “Kedisiplinan dapat dibentuk melalui ucapan, tulisan, dan perbuatan yang tidak melanggar undang-undang,” pungkasnya.

Baca juga:  Perjanjian Kinerja Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2021

Dalam diskusi ini pula, selain kedisiplinan pegawai diperlukan pula seni kepemimpinan dari para atasan agar mampu membawa para pegawainya bekerja dengan maksimal dan menjunjung tinggi kedisiplinan.

Selanjutnya, sesi diisi oleh Hari Prihatno, selaku Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta memberikan langkah-langkah strategisnya dalam menyusun SKP. Menurutnya, Kota Surakarta telah mampu mengimplementasikan kedisiplinan dengan maksimal diantara para pegawainya. Berbagai program implementasi terus ditransformasikan menyesuaikan kemajuan teknologi yang ada.

“Kota Surakarta selalu berusaha untuk mengimplementasikan kedisiplinan yang baik dalam kesehariannya. Hal ini menjadikan kami mampu menjalankan tugas dengan lebih maksimal dan membuahkan hasil nyata,” ungkapnya.

Selanjutnya, seluruh peserta rapat melakukan penyusunan SKP Semester II bersama Cari selaku Analis Kepegawaian Madya BKN, yang membimbing secaea langsung pengisian dan konsultasi SAKIP Deputi 1. Cari juga memberikan beberapa pengantar terkait kepegawaian yang dianggap perlu diperhatikan khususnya dalam pengisian SAKIP pegawai yang ada.

Melanjutkan, Jiman Riyadi selaku Kepala Bagian Administrasi dan Umum Deputi 1 juga menegaskan pengisian SKP dapat membantu para PNS untuk menjaga kinerja mereka setiap saat, “SKP dapat menjadi pedoman bagi seluruh pegawai dan menjadi bentuk prngabdiannya bagi negara melalui unit kerjanya masing-masing,” tegasnya.

Baca juga:  Menko Marves Menjadi Pembicara dalam Rakornas Investasi Tahun 2020

Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan masukan kedepannya bagi seluruh pihak dan memaksimalkan penyusunan SKP Deputi 1 demi meningkatkan kedisiplinan kerja pada masa mendatang.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel