Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Bidang Kemaritiman Gelar Festival Vlog Berhadiah Total Rp 40 Juta

IMG-20180606-WA0018

Maritim—Jakarta, Setelah sukses menggelar Festival Film Pendek Kemaritiman pada tahun 2017, tahun ini Kemenko Bidang Kemaritiman kembali mengadakan festival serupa. Hanya dengan format yang sedikit berbeda, yakni dalam bentuk vlog (video blog).

Secara resmi Festival Vlog Kemaritiman telah diluncurkan bersamaan dengan Gelar Karya Film Pelajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada Hari Rabu (5-6-2018) oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin dan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Kami ingin memberikan wadah untuk anak-anak muda yang hobi membuat vlog untuk berkreasi sekaligus melibatkan mereka dalam pelestarian laut,” ujar Deputi Safri.

Terpenting, sambungnya, bukan kualitas film yang jadi pertimbangan utama. Namun keterlibatan anak muda dalam konservasi dan pemanfaatan laut. “Kalau dia harus membuat karya tentang bagaimana menjaga laut, maka paling tidak dia akan membaca literatur tentang laut dan bagaimana cara melestarikannya,” kata Deputi Safri. Kemudian dari apa yang mereka baca, akan timbul niat dan upaya untuk mengajak sesamanya berbuat sesuatu untuk kelestarian laut. “Dari proses belajar dan berbuat itulah kemudian baru mereka akan jadikan sebuah karya,” terangnya.

Menurutnya Gelar Karya Film Pelajar memiliki tujuan yang hampir sama dengan festival vlog kemaritiman, namun bentuknya karya film dokumenter. “Kita kompetisikan sinopsis peserta lomba, pemenangnya akan dipanggil ke Jakarta untuk diberikan pelatihan pembuatan film,” jelasnya. Di samping itu, hasil karya finalis juga akan diputar di website dan medsos Pusbangfilm dan Kemendikbud” jelasnya. Dan yang berbeda dari Festival Vlog Kemaritiman adalah kategori pesertanya adalah pelajar.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Bidang Seni, Olahraga dan Budaya Bahari Kemenko Bidang Kemaritiman Kosmas Harefa mengatakan bahwa upaya-upaya pelestarian dan penyelamatan laut perlu melibatkan generasi muda. “Anak-anak muda sekarang sangat kreatif memanfaatkan teknologi untuk mendokumentasikan kondisi di sekeliling mereka, tinggal kita fasilitasi dan karya terbaik akan kita beri apresiasi dalam bentuk uang tunai dengan total Rp 40 juta,” jelasnya.

Lebih detil, tema besar Festival Vlog Kemaritiman 2018 dan Gelar Karya Film Pelajar Kemaritiman 2018 adalah Selamatkan Laut Indonesia. Dari tema besar itu, panitia memberikan tiga alternatif sub tema untuk peserta, yakni pelestarian laut, pemanfaatan laut dan upaya penyelamatan laut Indonesia. Untuk Festival Vlog Kemaritiman, pendaftaran mulai dibuka dari Bulan Juni-7 September 2018. “Rencananya pengumuman peserta akan dilakukan pada tanggal 23 September 2018,” sebutnya.

Lebih jauh, kompetisi ini ditujukan untuk kalangan umum berusia antara 15-30 tahun. “Peserta yang mendaftar boleh perseorangan maupun kelompok atau komunitas,” ujar Kosmas. Yang terpenting, lanjutnya, vlog yang dikirimkan merupakan karya sendiri dengan durasi maksimal 3 menit, berkualitas HD dan belum pernah dipublikasikan di kanal manapun sebelumnya. Untuk informasi detil, dapat melihat pada tautan https://maritim.go.id/konten/festival-vlog-kemaritiman/

Tema Save Our Seas dipilih oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kemendikbud karena kondisi laut Indonesia yang kini makin tercemar. Di Indonesia, menurut penelitian Dr. Jenna Jambeck, Indonesia menyumbang sampah plastik terbanyak nomer dua di dunia setelah Tiongkok. (**)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Video Foto Berita Siaran Pers Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Bidang Kemaritiman Gelar Festival Vlog Berhadiah Total Rp 40 Juta