Berita

Kemenko Bidang Kemaritiman Menggelar Bimtek Perencanaan Untuk Generasi Baru

Kemenko Bidang Kemaritiman Menggelar Bimtek Perencanaan Untuk Generasi Baru
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Depok, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar acara BIMTEK (Bimbingan Teknis) Perencanaan, dibuka oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agus Purwoto, diikuti oleh perwakilan seluruh Unit Eselon I yang menghadirkan  narasumber dari Pusat Pembinaaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana  (Pusbindiklatren) BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)  yang berlangsung pada tanggal 31 Juli – 3 Agustus 2019 di Depok, Jawa Barat.

Dalam Pembukaannya, Semenko Agus mengatakan bahwa, dalam membuat perencanaan pembangunan, seorang perencana harus memahami apa saja issue yang sedang terjadi di masyarakat. Sebab menurutnya, perencanaan di lingkup Kemenko Bidang Kemaritiman tidak hanya sebatas Kementerian/Lembaga di bawah koordinasi Kemenko Bidang Kemaritiman, namun lebih luas lagi, mencakup K/L lain yang terkait dengan isu kemaritiman. Hingga saat ini, masih banyak yang menganggap Kemenko Bidang Kemaritiman hanya mengurus bagian dari pekerjaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Paritiwasata (Kemenpar), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kita harus tau bahwa sesuai Inpres no 7 tahun 2017, telah ditetapkan bahwa fungsi kemenko juga melaksanakan pengendalian seluruh kementerian/Lembaga, tidak ada hanya di kementerian teknis yang berada di bawah koordinasi Kemenko Maritim. Kalau kita perhatikan, perencanaan yang dibuat saat ini cenderung lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan internal. Dan alih-alihnya lagi nanti,  kegiatan yang belum sempat dilaksanakan sudah mengalami pengajuan revisi,” jelas Sesmenko Agus.

Oleh karena itu lanjut Sesmenko Agus, perlu diadakannya Bimtek Perencanaan untuk memberikan bimbingan kepada generasi baru, khususnya di Kemenko Bidang Kemaritiman mengenai bagaimana fungsi perencanaan, bagaimana fungsi tata kelola, juga dalam melaksanakan program perencanaan nantinya. Menurutnya, hal ini berhubungan dengan perencanaan anggaran yang harus direncanakan dengan matang agar nantinya tidak mengajukan revisi sebelum penggunaan awal.

“Kita paham bahwa Kemenko Bidang Kemaritiman masih belum ada jabatan fungsional perencana, karenanya saya lebih berharap kegiatan ini juga dapat memberikan pemahaman dalam menjawab semua issue, menjawab semua tantangan dan perkembangan yang ada, dengan demikian kita bisa lebih clean and clear dalam penggunaan anggaran kegiatan yang direncanakan dengan baik,” tambah Sesmenko Agus.

Turut hadir pula, Kepala Biro Perencanaan dan Informasi Suparman, yang memberikan arahan kepada para peserta untuk lebih serius dalam meningkatkan kemampuan dalam menyusun perencanaan dan akan terus berlanjut.

“Adapun yang akan kita kejar pada hari ini, kami ingin meningkatkan kemampuan perencanaan kalian, kemudian yang kedua kami ingin kalian menjadi lebih professional dalam perencanaan. Kami juga menyiapkan kalian untuk masa depan,” ujar Kabiro Suparman.

Dijelaskan juga, bahwa dalam menyusun perancanaan dalam lingkup Kementerian Koordinasi lebih sulit daripada menyusun perencanaan dalam lingkup Kementerian Teknis.

“Karena, Kemenko Bidang Kemaritiman harus bisa menyusun perencanaan yang bisa menjembatani dari persoalan dari kementerian-kementerian yang ada di bawahnya,” tutupnya.

Bimbingan Teknis yang dilakukan selama tiga hari tersebut, diisi dengan diskusi pelatihan mengenai perencanaan konsep penyusunan renstra, Penyusunan Kamus IKU dan IKK, Pengetahuan mengenai e-monev dan Pengendalian PP (8/2018). Dan dibimbing oleh M. Nasir selaku Fungsional Perencana Madya, BAPPENAS. Acara ini ditutup dengan pemberian Piagam penghargaan kepada tiga kedeputian terbaik dalam mempresentasikan hasil kerjanya selama bimbingan teknis tersebut.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel