ArtikelBerita Deputi

Generasi Muda Hasilkan Solusi Isu Lingkungan Pada YICGG 2019

Oleh 18 Jul 2019 Juli 22nd, 2019 Tidak ada komentar
Kemenko Kemaritiman Ajak Anak-anak Muda Dari 39 Negara Komit Dan Aktif Jaga Lingkungan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim-Depok, Kepala Biro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Budi Purwanto memberikan pernyataan pada upacara penutupan Youth Innovation Competition on Global Governance (YICGG) di Balai Purnomo Prawiro, Universitas Indonesia, pada Kamis (18-07-2019).

Acara yang diikuti oleh 78 mahasiswa yang mewakili 49 universitas dari 39 negara ini terbagi menjadi 30 tim dan saling berkompetisi dalam rangka mencari solusi terkait berbagai macam isu global khususnya isu lingkungan.

Adapun tema yang diangkat dalam YICGG 2019 ini adalah Oceans, River, Lakes: Global Water Preservation, Utilization and Development. Sebelumnya, sejak 2007, YICGG telah membahas berbagai macam permasalahan global, seperti pemberdayaan lingkungan, pendidikan dan global food policy.

Kegiatan kali ini digelar selama empat hari dan terdiri dari berbagai kegiatan diantaranya Ignite Talk, melakukan kunjungan ke Konservasi wilayah pesisir Taman Wisata Alam Angke Kapuk serta presentasi akhir peserta.

“Pertama sekali saya mengucapkan terima kasih, suatu kesempatan yang berharga bagi saya untuk bisa menghadiri acara ini. Sektor-sektor yang diangkat dalam tema tadi juga sangat penting, juga menjadi perhatian oleh Kemenko Bidang Kemaritiman. Poin terpenting adalah ini menunjukkan pada dunia komitmen serta kesadaran kita, negara Indonesia terhadap lingkungan,” jelas Karo Budi.

Kemenko Kemaritiman Ajak Anak-anak Muda Dari 39 Negara Komit Dan Aktif Jaga Lingkungan

“Kalian yang hadir hari ini mewakili generasi muda dari seluruh dunia. Ini semua merupakan suatu diplomasi kita, yang harus kita galang dan pelihara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Karo Budi berharap bahwa peserta yang telah mengikuti acara ini mendapatkan banyak hal-hal baru yang bisa dijadikan sebuah pembelajaran serta mengajak para generasi muda untuk lebih aktif dan ikut ambil bagian dalam menjaga lingkungannya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Arie Soesilo menyampaikan rasa terima kasih terhadap dukungan penuh dari pemerintah RI, khususnya kepada Menko Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menko Bidang Kemaritiman, Pak Luhut B. Pandjaitan beserta dengan semua tim yang mendukung acara ini dengan sangat baik, ” ujar Dekan Arie.

Kegiatan ini terselenggara dengan baik atas kerja sama antara Kemenko Bidang Kemaritiman dengan Universitas Indonesia, serta saran dan rekomendasi dari kompetisi YICGG yang didapat akan disampaikan kepada pemerintah untuk segera ditindak lanjuti.

Sebagai informasi, dalam kompetisi kali ini dihadiri oleh para juri dari berbagai negara diantaranya Binayak Malla (Khatmandu University School), Cindy Rianti Pribadi dan Dody Prayogo (Universitas Indonesia), Courtney Aleise Henderson (Berkeley College), Fany Wedahuditama (GWP Southeast Asia), GUO Dingping (Fudan University), Iveta Reinholde (University of Latvia), Keiichi Ogawa (Kobe University), Sebastian Bersick (Ruhr-Universitat Bochum) dan Codrea Vlad Aurel (University Cluj-Napoca).

Pada acara penutupan pun semakin meriah dengan hadirnya perwakilan taruna-taruna dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, dan Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel