Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim Adakan Pembekalan Untuk Persiapan DIKLATSAR CPNS 2018

By 24 Apr 2018 16:27Berita
d8da2dc4-169d-42a6-9b5a-7284ea9fb147

Maritim – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) mengadakan pembekalan persiapan pelatihan DIKLATSAR bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Lingkup Kemenko Maritim, pada Selasa (24-04-2018). Pembekalan ini dipimpin langsung oleh Sesmenko Maritim Agus Purwoto.

Sesmenko Agus dalam arahannya menjelaskan bagaimana harapannya terhadap para CPNS tersebut, hingga penjelasan program apa saja yang dilaksanakan pada DIKLATSAR yang akan berlangsung di Badan Diklat Kementerian Pertahanan, selama kurang lebih satu setengah bulan mendatang.

“Yang saya sampaikan dalam rangka untuk pembekalan para CPNS hasil seleksi tahun 2017 di Kemenko Maritim adalah bahwa sudah hampir tiga tahun ini pemerintah membekukan (moratorium) untuk recruit CPNS, sehingga mereka tumpuan dan harapan bagi kita semua sebagai generasi baru Pegawai Negeri Sipil,” kata Sesmenko Agus di lokasi.

Selain itu, Sesmenko Agus yang didampingi oleh Kepala Biro Umum Kemenko Maritim Djoko Hartoyo dan Kepala Biro Informasi dan Hukum Kemenko Maritim Latief Nurbana ini juga berharap di pembekalan nantinya para CPNS bisa membangun komitmen kebersamaan dan sekaligus menciptakan network.

“Saya juga berpesan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama mengikuti kegiatan. Saya berharap kegiatan seperti ini juga ada follow up dari mereka (para CPNS) supaya kegiatan ini ke depan bisa menjadi evaluasi bagi kami,” ungkapnya.

Sementara untuk persiapan Diklat nantinya, Sesmenko Agus menjelaskan ada beberapa program yang akan dijalankan oleh para CPNS, antara lain adalah bagaimana membela negara, bela negara yang dimaksud bukan berarti untuk militerisasi, akan tetapi adalah bagaimana kecintaan rela berkorban dari profesinya sebagai abdi negara yang pengabdiannya melalui Pegawai Negeri Sipil.

“Sedangkan untuk nanti tantangannya seperti yang dilakukan pembekalan pada saat Presidential Lecture di Gelora Bung Karno oleh bapak Presiden langsung kepada CPNS langsung. Tantangan pada generasi 4.O itu sudah disiapkan beberapa koridor antara lain menyangkut kapabilitas, dari SDM, Penguasaan Bahasa Asing, Informasi, Teknologi, dan Komunikasi, juga penggunaan secara bijak media sosial. Itu salah satu tantangannya,” jelasnya.

“Nah ini juga nantinya bisa bijak dalam penggunaan media sosial, karena tadi kita lihat sepintas bahwa semuanya sudah memiliki fasilitas secara pribadi seperti laptop. Inikan, bagian dari media lain yang di mana sebagai generasi now saat ini tidak lagi harus menggunakan paper, buku, dan sebagainya, semua bisa diunduh secara instan. Tapi sekali lagi dibalik itu semua jangan meninggalkan teori secara utuh,” pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim Adakan Pembekalan Untuk Persiapan DIKLATSAR CPNS 2018