Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim Mengajak Komunitas Media dan Netizen Menyelamatkan Citarum

By 03 Aug 2018 14:05Artikel, Foto
DSC08758

Maritim – Bandung, Biro Informasi dan Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mengajak komunitas media dan netizen menyelamatkan Citarum dalam giat Orientasi Wartawan Kemaritiman (1-3 Agustus 2018). Sekretaris Kemenko Kemaritiman Agus Purwoto dalam sambutannya sekaligus membuka giat Orientasi Wartawan mengatakan bahwa Kemenko Kemaritiman memang berusaha menggandeng lebih banyak komunitas, lebih banyak media influencer untuk bersama-sama menggaungkan kampanye menyelamatkan Citarum.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang SDM,Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin memberikan paparan kepada peserta giat Orientasi Wartawan mengenai bagaimana peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dalam Percepatan Pengendalian Pencemaran Citarum.

Sementara itu, Kepala Biro Informasi dan Hukum Latief Nurbana sebagai ketua panitia menjelaskan Biro Informasi dan Hukum melalui Bagian Hubungan Masyarakat bersikap adaptif dengan fenomena era konvergensi media dan internet dengan merangkul para social media influencer bersama komunitas jurnalis pada media arus utama untuk bersama-sama lebih memahami bagaimana masalah Citarum dan bagaimana pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait melakukan pengendalian pencemaran Citarum. *

Diskusi tentang Peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dalam Percepatan Pengendalian Pencemaran Citarum 

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agus Purwoto membuka kegiatan Orientasi Wartawan dilanjutkan dengan paparan dan diskusi bersama Deputi Bidang SDM, Iptek dan  Budaya Maritim Safri Burhanuddin. Dalam paparannya, Deputi Safri menekan pentingnya koordinasi dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memperbaiki dan menjaga aliran sungai Citarum.

Diskusi Sesi 2 oleh Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat dan TNI

 

 

 

 

 

Kunjungan Lapangan Peserta Orientasi Wartawan dan Netizen ke Fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Dayeuhkolot, Bandung

Kunjungan lapangan diawali dengan meninjau kawasan industri textile yang ditengarai menjadi sumber limbah industri yang mengalir di Citarum. Kodam III Siliwangi yang juga menjadi koordinator lapangan Citarum telah bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk mengatasi masalah limbah industri. Rombongan juga meninjau fasilitas IPAL terpadu yang mengolah limbah dari 24 pabrik di kawaan Cisirung, Bandung.

Kunjungan dan pemantauan  ke Daerah Aliran Sungai  dan Hulu Citarum

Dulu pencemaran Citarum begitu parah hingga ikan udah tidak bisa hidup disana. Tetapi, kini dengan berbagai perbaikan yang telah dilakukan, ikan-ikan mulai kembali ke Citarum. Pada beberapa area seperti sekitar jembatan biru ini, masyarakat sudah bisa memancing ikan.

Peserta Orientasi Wartawan melanjutkan kunjungan ke hulu Citarum atau Citarum Kilometer 0 di Situ Cisanti, Gunung Wayang. Rombongan diterima oleh Perum Jasa Tirta II yang menjadi pengelola sarana prasarana Situ Cisanti. Lahan Cisanti sendiri dikelola oleh Perhutani.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Narasi Tunggal Siaran Pers Berita Deputi
Sort by

Kemenko Maritim Mengajak Komunitas Media dan Netizen Menyelamatkan Citarum