BeritaBerita Deputi

Kemenko Maritim Ajak Masyarakat Manado dalam “Aksi Bersih”

Dibaca: 90 Oleh Jumat, 26 Oktober 2018Oktober 30th, 2018Tidak ada komentar
Kemenko Maritim Ajak Masyarakat Manado dalam “Aksi Bersih”
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Manado, Dalam rangka memeriahkan Pekan Kerja Nyata “Gerakan Revolusi Nasional Mental (GRNM)”, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Kedeputian SDM, IPTEK dan Budaya Maritim mengadakan “Aksi Bersih” di sekitar Lapangan KONI, Manado, pada Jumat (26/10). Kegiatan ini guna menciptakan mental masyarakat berbudaya bersih khususnya di Manado.

“Tujuan aksi bersih ini sesuai dengan zero waste system, jadi bagaimana setiap ada acara, atau melaksanakan kegiatan memperhatikan lingkungan. Harapannya melalui aksi bersih, kita menunjukkan ada perubahan mental. Menanamkan budaya bersih, minimal misalnya setiap hari jumat melaksanakan Jumat Bersih,” kata Asisten Deputi Jejaring Inovasi Kemenko Maritim Tubagus Rismunandar.

Dalam Aksi bersih yang terdiri dari kegiatan membersihkan toilet sekitar Lapangan KONI, pesisir pantai, Daerah Mega Mas dan sebagainya ini juga tak lepas dari bagaimana concern pemerintah pusat dengan regulasi.

“Sekarang bahkan sudah ada Perpres tentang sampah di laut nomor 83 tahun 2018, artinya pemerintah tidak main-main. sudah waktunya saat ini kita satu komando bagaimana menjaga kelestarian lingkungan yang kita miliki supaya bebas sampah,” jelasnya.

Baca juga:  Kemenko Maritim Adakan Rakor Pembahasan RPP Tentang Perlakuan Perpajakan dan/atau Penerimaan Negara Bukan Pajak di Bidang Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Kenapa Manado dipilih? Saya fikir Manado memiliki nilai yang sangat baik untuk wisata yang kita harapkan masih tetap dijaga,” tambahnya.

Aksi Bersih Melibatkan Semua Elemen Masyarakat

Kegiatan Aksi Bersih demi mewujudkan revolusi mental ini melibatkan semua elemen masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Jejaring Inovasi Wisata Bahari Kemenko Maritim Edi Susilo menambahkan, bahwa kegiatan yang berlangsung sejak pukul 06.00 WITA hingga sore menjelang pukul 18.00 WITA ini diikuti sekitar 150 peserta.

“150 peserta ini berasal dari APMI, Sea Soldiers dan masyarakat sekitar Manado. Ini menjadi sangat baik supaya semua stakeholder terlibat, tidak hanya birokrasi tetapi akademisi, masyarakat, termasuk penggiat lingkungan kita libatkan,” tutup Kabid Edi.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel