Berita

Kemenko Maritim Bekali Pegawai dengan Kemampuan Basic Life Support

WhatsApp_Image_2019-02-13_at_09.37.24
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia

Maritim – Jakarta, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agus Purwoto menegaskan bahwa senegap pegawai di lingkungan Kemenko Maritim perlu dilatih Basic Life Support (BLS) agar mampu melakukan pertolongan pertama pada situasi gawat darurat medis sebelum bantuan dari rumah sakit atau petugas kedokteran datang.

“Pelatihan seperti ini harus dilakukan berulang-diulang, tidak mungkin hanya sekali langsung menyerap. Saya berharap dari Biro Umum bisa rutin menjadwalkan pelatihan seperti ini dan bisa melengkapi peralatan yang terstandar,” ujar Agus Purwoto saat membuka Seminar Dan Pelatihan Kegawatdaruratan Pada Anak Dan Dewasa Bagi Awam Di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Kemenko Kemaritiman, Selasa (12-02-2019) pagi.

Ditambahkan Sesmenko Maritim, kondisi Gedung Kemenko Maritim yang sudah digunakan lebih dari 30 tahun perlu diantisipasi, salah satunya melalui pelatihan Basic Life Support bagi pegawai.

“Dengan banyaknya pegawai perlu ada pelatihan karena kita tidak pernah tahu kondisi kesehatan masing-masing,” tambah Sesmenko Maritim.

Pada kesempatan ini, Sesmenko Maritim juga memberikan apresiasi kepada sejumlah dokter alumni dari Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya yang telah bekerja sama dengan Kemenko  Maritim menyelenggarakan kegiatan ini.

Sesmenko Maritim juga mengingatkan pegawai agar tetap tenang dan mengedepankan pemikiran rasional saat menghadapi situasi medis.

Dalam kesempatan yang sama perwakilan Alumni Fakultas Kedoteran Unika Atma Jaya, Dr. dr. Veronika Sidharta, M. Kes juga menegaskan pentingnya pelatihan ini karena gaya hidup maupun stress dapat membawa dampak dalam tubuh seperti kemungkinan terjadinya kegagalan fungsi jantung, otak dan sebagainya.

“Semua orang di kantor bisa jadi penolong sebelum bantuan dari rumah sakit datang. Namun perlu ada standarisasi pengetahuan jangan sampai yang menolong jutsru membutuhkan pertolongan atau membuat kondisi korban lebih parah,” ujar Veronika mengingatkan.

Pelatihan Basic Life Support yang diselenggarakan Biro Umum ini dilaksanakan sebagai upaya Kemenko Maritim dalam mencegah terjadinya angka kematian yang meningkat pada kejadian bencana alam atau kejadian mendadak yang mengancam nyawa seseorang baik di rumah, tempat kerja, dan tempat lainnya.

Kemenko Maritim memandang perlu adanya pemberian pengetahuan terkait pertolongan pertama yang sesuai dengan prosedur secara medis yang baik dan benar untuk mencegah terjadinya kematian (Basic Life Support/ BLS) sebelum seseorang tersebut mendapatkan pertolongan lebih lanjut di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Selain dibekali pengetahuan, peserta juga berkesempatan mempraktekkan langsung pengetahuan CPR menggunakan alat AED dan manikin.

Inisiatif pelayanan kesehatan sendiri sudah dilaksanakan Kemenko Maritim dengan membuka klinik kesehatan di lantai 21 yang bisa dimanfaatkan pegawai setiap Selasa dan Jumat.

Leave a Reply