Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim dan BPPT Terus Jalin Sinergi Positif

By 21 Aug 2017 16:43Berita
IMG_4929

Maritim-Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) diwakili oleh Sekretaris Kemenko Maritim (Sesmenko Maritim) Ridwan Djamaluddin menghadiri peringatan hari jadi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ke-39 di Auditorium Gedung BPPT, Jakarta, Senin (20/8). Dalam kata sambutannya, selain mengucapkan selamat ulang tahun kepada BPPT, Ridwan juga mengungkapkan rasa hormat dan bangganya kepada dua tokoh besar di bidang teknologi nasional, yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie dan Wardiman Djoyodiningrat, yang keduanya turut membidani lahirnya BPPT pada tahun 1978 silam, atau 39 tahun yang lalu.

“Di ulang tahun ke 39 ini kita semua mengucapkan selamat ulang tahun kepada BPPT. secara umum saya menyatakan, bahwa anak-anak BPPT atau anak-anak intelektual Pak Wardiman dan Pak Habibie ini adalah modal berharga bagi bangsa ini, kita semua dilahirkan dan dibiayai oleh republik ini, maka sudah saatnya kita membayar itu semua dengan prestasi dan kinerja yang baik,” ujarnya.

Diketahui, antara Kemenko Maritim dan BPPT sudah terjalin sinergi yang sangat positif melalui berbagai kerjasama, diantaranya mendukung program percepatan infrastuktur, seperti pembuatan pre feasibility study proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, inovasi teknologi infrastuktur pelabuhan laut, teknologi infrastuktur pembangunan jalan raya dengan campran aspal dan plastik (plastaroad) dan yang terbaru adalah teknologi modifikasi cuaca selama peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 pada tahun ini.

“Dan ada beberapa hal yang penting bagi saya, yaitu sesuatu yang kami kerjakan 7 atau 10 tahun yang lalu, pada hari ini diapresiasi luar biasa. Yaitu kerjasama teknologi pendeteksi kapal selam dan pemantauan laut dengan remote searching antara Kemenko Maritim dan BPPT, juga diapresiasi dan mendapatkan tempat pada saat ini,” tambah Ridwan, yang juga masih tercatat sebagai pegawai BPPT ini.

Sementara di kesempatan yang sama, Kepala BPPT, Unggul Prijanto menegaskan kembali, bahwasanya capaian BPPT sudah selaras dengan program Nawa Cita Prseiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sebagai contohnya adalah ; Kegiatan pesawat tanpa awak (bekerjasama salah satunya denga Polri), kegiatan kapal cepat rudal, kegiatan rancang bangun kapal selam, kegiatan PLTP (Pembangkit Listrik Geo Thermal), kegiatan PLT Bio Gas dan limbah sawit, kegiatan pabrik garam dan farmasi, serta kegiatan technopark dan science technopark.

“Visi BPPT sebagai pusat unggulan teknologi yang mengutamakan inovasi dan layanan teknologi untuk mewujudkan kemandirian bangsa, peningkatan daya saing, dan peningkatan pelayanan publik mengindikasikan bahwa kita memiliki peranan strategis dalam mendorong peningkatan kemampuan iptek nasional, mendorong kemandirian dan daya saing bangsa, yang muaranya dapat mendorong perekonomian nasional,” terangnya.

Turut hadir dalam acara puncak peringatan HUT BPPT ke 72 ini adalah, Kapolri. Jenderal Polisi. Tito Karnavian, mantan Menko Maritim Indroyono Susilo dan perwakilan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). ***

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Siaran Pers Berita Deputi Artikel Berita
Sort by
Menko Luhut Hadiri FGD TNI AL di Wisma Elang Laut
2017-12-18 12:15
Biro Informasi dan Hukum

1

25 Hari di KRI Dewa Ruci, Peserta: Kita Bangga, Kita Istimewa!
2017-12-16 10:00
Biro Informasi dan Hukum

1

Bali Masih Aman Jadi Destinasi Liburan
2017-12-15 14:19
Biro Informasi dan Hukum

1

Rakor Gunung Agung, Menko Luhut Pastikan Keadaan Bali Aman
2017-12-15 13:58
Biro Informasi dan Hukum

1

Kerja Sama Indonesia-Jepang, Kelola Sampah Menjadi Energi
2017-12-13 18:58
Biro Informasi dan Hukum

1

Semangat Deklarasi Djuanda untuk Kesejahteraan Rakyat
2017-12-13 14:29
Biro Informasi dan Hukum

1

Hari Nusantara 2017
2017-12-12 19:54
Biro Informasi dan Hukum

1

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim dan BPPT Terus Jalin Sinergi Positif