Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim dan Kemdikbud Undang Sineas Muda Ikuti Kompetisi Film Pendek

By 20 Jul 2017 10:28Berita
IMG-20170719-WA0120

 

Maritim, Jakarta – Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengadakan festival film pendek bagi para sineas muda Indonesia. Kompetisi pembuatan film pendek yang bertema kemaritiman ini akan secara resmi diluncurkan pada Hari Selasa (25/7/2017) di Gedung Kemenko Bidang Kemaritiman.

Rencananya, acara peluncuran akan dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin. Dan dari Kemendikbud akan hadir   Sekjen Kemdikbud Didik Suhardi.

Asisten Deputi Bidang Budaya, Seni dan Olahraga Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Kosmas Harefa mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kompetisi tersebut adalah untuk membangun kecintaan generasi muda pada budaya maritim. “Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, namun sayang tidak banyak generasi muda yang cinta laut atau kenal dengan budaya bahari,” ujarnya saat rapat persiapan peluncuran kompetisi film pendek di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Rabu (19/7/2017).

Lebih detil, Kosmas menambahkan, ada dua tema yang dapat diangkat oleh peserta kompetisi dalam film mereka, yakni “Potensi Kemaritiman Indonesia” dan “Selamatkan Laut Indonesia”. Melalui dua tema tersebut, peserta diajak untuk bebas berkarya dan berkreasi. Selain itu, peserta juga diajak untuk lebih memantapkan jiwa nasionalisme serta sadar akan pentingnya dunia maritim bagi Indonesia.

Mengenai teknis pelaksanaan, lanjut Kosmas, ada dua perbedaan dalam kriteria lomba yang diadakan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kemdikbud tersebut. Perbedaan itu antara lain adalah batasan usia peserta. Kemenko Bidang Kemaritiman, mematok rentang usia antara 17-30 tahun sebagai persyaratan peserta kompetisi. Dan peserta berasal dari kalangan umum. Sementara itu, Kemendikbud mensyaratkan peserta adalah kalangan pelajar SMP, SMA/SMK atau sederajat dengan rentang usia antara 12-16 tahun.

Lalu, Kemenko Bidang Kemaritiman mengundang sineas muda untuk mengirimkan karya film mereka yang sudah siap tayang dengan durasi maksimal 7 menit. Sementara Kemdikbud meminta peserta lomba untuk mengirimkan proposal ide untuk film dokumenter. Bagi peserta yang idenya terpilih, akan diundang Kemdikbud untuk mengikuti pelatihan bersama praktisi dan akademisi film di Jakarta selama seminggu. Petunjuk teknis tentang kompetisi film pendek ini dapat diunduh dari website Kemenko Bidang Kemaritiman dengan pranala https://maritim.go.id/konten/pengumuman-pendaftaran-festival-film-pendek-kemaritiman-2017/ . Sedangkan informasi detil mengenai kompetisi film dokumenter di Kemdikbud dapat diakses melalui puslitbangfilm.kemdikbud.go.id (**)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Siaran Pers Berita Deputi Artikel Berita
Sort by
Menko Luhut Hadiri FGD TNI AL di Wisma Elang Laut
2017-12-18 12:15
Biro Informasi dan Hukum

1

25 Hari di KRI Dewa Ruci, Peserta: Kita Bangga, Kita Istimewa!
2017-12-16 10:00
Biro Informasi dan Hukum

1

Bali Masih Aman Jadi Destinasi Liburan
2017-12-15 14:19
Biro Informasi dan Hukum

1

Rakor Gunung Agung, Menko Luhut Pastikan Keadaan Bali Aman
2017-12-15 13:58
Biro Informasi dan Hukum

1

Kerja Sama Indonesia-Jepang, Kelola Sampah Menjadi Energi
2017-12-13 18:58
Biro Informasi dan Hukum

1

Semangat Deklarasi Djuanda untuk Kesejahteraan Rakyat
2017-12-13 14:29
Biro Informasi dan Hukum

1

Hari Nusantara 2017
2017-12-12 19:54
Biro Informasi dan Hukum

1

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim dan Kemdikbud Undang Sineas Muda Ikuti Kompetisi Film Pendek