Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim Kenalkan Wawasan Maritim Untuk Anak Indonesia

seaworld
[Humas-Maritim], Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim bekerjasama dengan Konsorsium Mitra Bahari (KMB),Universitas Indonesia dan Asosiasi Mitra Bahari Indonesia (AMBIN) kembali menyelenggarakan Program Pengenalan Wawasan Kemaritiman untuk Anak Indonesia (PPWK-AI) 2016

PPWK-AI ini yang sebelumnya diselenggarakan di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur dan Universitas Andalas, Padang. Kali ini diselenggarakan di Sea World Ancol, Jakarta. Ini merupakan lokasi ke-3 dalam penyelenggaraan PPWK-AI 2016. Demikian disampaikan Asdep bidang pendidikan dan pelatihan kemaritiman Kemenko Maritim TB Haeru Rahayu saat diwawancarai Humas Maritim usai pembukaan PPWK-AI 2016, di Sea World Ancol, Jakarta (22/8).

Menurut TB Haeru, kegiatan ini dibuka oleh Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta laut kepada anak-anak Indonesia. Untuk menumbuhkan rasa cinta laut itu, tambah TB, kegiatan diisi pertama dengan dongeng cinta laut yang dikemas menarik sehingga dapat diserap oleh anak-anak.

“Tadi anak-anak diberikan dongeng tentang cinta laut yang dibawakan dengan gaya yang benar-benar mengena untuk anak-anak. Pesan dalam dongeng itu adalah anak-anak dimotivasi untuk cinta laut salah satunya untuk tidak buang sampah sembarangan”, kata TB Haeru.

Tidak hanya itu, TB Haeru mengatakan anak-anak yang terdiri dari kelas 4 sampai 6 SD ini juga diberikan materi tentang pengenalan biota laut, ekosistem perairan dan tempat hidup biota laut. Antusias anak-anak juga terlihat karena diakhir materi Tim Sea World memberikan kuis dengan pertanyaan seputar laut dengan hadiah voucher gratis wahana wisata di Ancol.

Terakhir, anak-anak diajak berkeliling wahana Sea world. Melihat dunia laut yang terekam di Akuarium Raksasa ini.

Setelah kegiatan yang berlangsung di Seaworld ini, Menurut TB Haeru, kegiatan PPWK-AI ini akan berlanjut dengan kunjungan lapangan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Disana anak-anak akan diajak untuk melihat eksosistem laut sesungguhnya, dan TB berpesan kepada anak-anak untuk mencintai laut.

“Saya berpesan kepada anak-anak Indonesia mari mencintai laut, tidak perlu takut dengan laut, justru di laut itu banyak potensi.

Mudah-mudahan anak-anak ini setelah selesai sekolah setelah selesai kuliah tertarik untuk bekerja di dunia keluatan. Karena di dunia kelautan dan kemaritiman secara umum itu banyak potensi yang bisa digali dan sangat menjanjikan”, pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim Kenalkan Wawasan Maritim Untuk Anak Indonesia