Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim Melepas Peserta ENJ 2017 Dari UIN Syarif Hidayatullah

IMG_5617

Maritim- Tangerang Selatan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) bersama  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, secara resmi melepas 25 orang mahasiswa dan mahasiswi  mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017. Acara yang berlangsung di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, pada hari Jumat (21/7/2017) itu juga dibarengi dengan Kuliah Umum bertemakan “Peran Pemuda Dalam Menyongsong Era Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Dalam sambutannya, Sekretaris Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Maritim Elvi Wijayanti menuturkan, animo peserta ENJ dari tahun ke tahun diakuinya mengalami peningkatan signifikan, namun hal itu menurutnya adalah tanda positif dan memperlihatkan minat generasi muda Indonesia yang sangat mencintai nusantara. Elvi menjelaskan, “Itu yang kami harapkan, karena memang tanam wawasan maritim kepada pemuda sejak dini adalah program utama kami, karena membangun poros maritim dunia adalah dimulai dari generasi mudanya,”.

IMG_5580

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Elvi Wijayanti memukul gong meresmikan pelepasan Mahasiswa/i  UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 (21/7)

Elvi menambahkan, Indonesia adalah Negara Kepulauan (State Archipelago) sebagaimana tercantum dalam UU 17/1985, juga diperkuat dengan pengakuan dari PBB dalam konferensi UNCLOS (Konferensi Hukum Laut PBB) pada tahun 1982. oleh sebab itu lanjut Elvi, gagasan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah bukan tanpa alasan.“Dengan adanya ENJ 2017 ini Pemerintah melalui Kemenko Maritim berharap agar para pemuda bisa berperan besar dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia di masa depan, dimana Indonesia  yang menjadikan laut sebagai sumber ekonomi yang mendominasi perdagangan dan transportasi serta berkarakter kuat,” tambahnya.

Kemudian, Kepala Bagian Administrasi, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Syarif Hidayatullah, Zainal Arifin sangat mengapresiasi sinergi dengan Kemenko Maritim. Ia pun berpesan kepada para mahasiwa yang akan berangkat, agar dapat mengemban amanah dengan baik dan mampu menjalankan misinya dengan sempurna.

“Kalian sebagai pemuda, mau seperti apa Negara kita di masa datang sangat diwarnai dari pergerakan pemuda saat ini, kalian adalah harapan kejayaan maritim Indonesia di masa datang. Dengan kalian ikut ENJ niscaya akan memberikan pencerahan dan menambah wawasan,” terangnya. Sementara Koordinator peserta ENJ 2017 UIN Syarif Hidayatullah, Reza Fabel Faran mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya, dirinya pun berharap agar persiapan sejak awal yang telah dikoordinasikan oleh Kemenko Maritim dapat berjalan lancar hingga akhir ENJ 2017.

“Perasaan saya bercampur antara haru dan bahagia karena program ini, saya sangat support, persiapan sangat berjalan lancar. Semoga kelancaran ini terus berlanjut, Kemenko Maritim harus didukung secara penuh dari seluruh elemen. Ini program sangat baik untuk membangun jiwa kemaritiman Indonesia,” jelas Reza. ***

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Foto Berita Deputi Siaran Pers Narasi Tunggal
Sort by

Kemenko Maritim Melepas Peserta ENJ 2017 Dari UIN Syarif Hidayatullah