Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim Pastikan Maluku Siap Jadi Tuan Rumah Balap Sepeda Tour de Moluccas 2017

tour_de_molluccas

Maritim – Jakarta, Provinsi Maluku siap menjadi tuan rumah event balap sepeda internasional Tour de Moluccas 18 – 22 September 2017. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mendukung persiapan ajang tersebut untuk mewujudkan target kunjungan 20 juta wisatawan. Kemenko Maritim melalui Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) antar Kementerian  bersama Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait yakni: Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemprov Maluku,PT Pertamina, PT PLN, PT Telkomsel dan Union Cycliste Internationale (UCI), sebagai pemilik agenda resmi dan event organizer.

Asisten Deputi Bidang Budaya, Seni dan Olahraga Bahari, Kosmas Harefa mengatakan. Ada beberapa poin penting yang didapat dari Rakor ini. Diantaranya, pernyataan dukungan penuh dari Pemprov Maluku dan seluruh Kabupaten/Kota yang wilayahnya turut dilalui ajang balap sepeda ini.

“Pihak Pemprov Maluku juga telah mensurvei keseluruhan etape dan telah menginventarisir kekurangan-kekurangan yang perlu mendapat perhatian lebih, seperti listrik, air bersih, transportasi dan lainnya,PDAM Maluku juga akan mensupport ketersediaan air bersih yang memadai,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2017).

Lebih lanjut, hasil Rakor menyepakati bahwa Kementerian PU-PR sanggup melakukan perbaikan jalan-jalan sepanjang etape berikut seluruh pengaman jalan, ditargetkan akan selesai seluruhnya pada bulan Agustus 2017. Kemenpar siap mendukung total dengan promosi dan publikasi penyelenggaraan ajang sepeda bergengsi tersebut. Sementara, Kemenhub mendukung kelancaran transportasi, baik darat dan laut, ditambah dengan pemasangan dan penambahan rambu-rambu jalan, khususnya di sepanjang etape. Pihak BUMN yang diwakili oleh PLN dan Pertamina serta Telkomsel juga menyatakan kesediaannya untuk membantu. PLN melakukan antisipasi pengendalian beban listrik dan Pertamina akan menjaga dan memantau ketersediaan BBM sesuai dengan yang dibutuhkan, serta Telkomsel akan menambah jaringan bandwidth atau penguatan sinyal di wilayah yang telah ditentukan.

“Pemprov Maluku berkoordinasi ke K/L terkait sehubungan dengan berbagai dukungan yang akan diberikan. Kami juga berharap agar seluruh pihak terkait dapat melakukan kunjungan lapangan tahap akhir dalam waktu dekat. Sekaligus melaksanakan Rakor finalisasi persiapan di Kota Ambon,” Tutup Kosmas. ***

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Siaran Pers Berita Deputi Foto Artikel Berita Reformasi Birokrasi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim Pastikan Maluku Siap Jadi Tuan Rumah Balap Sepeda Tour de Moluccas 2017