Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kemenko Maritim: Perlu Kerja sama K/L dalam Menjaga Keberagaman Hayati Indonesia

Agung_Kuswandono

Maritim – Jakarta, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Agung Kuswandono mengungkapkan, sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai macam sumber daya hayati yang skalanya terbesar di dunia. Namun, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi saat ini, yaitu kerusakan dan menurunnya tingkat keragaman habitat.

Hal ini disampaikan Deputi Agung dalam Workshop Nasional mengenai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Secara Berkelanjutan di Hotel Grand Melia, Jakarta, Senin (30-07-2018).

“Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia, negara kepulauan di dunia. Artinya berbagai macam sumber daya hayati ada di Indonesia dengan skala terbesar di dunia. Tapi tantangan yang dihadapi saat ini adalah adanya kerusakan dan menurunnya tingkat keragaman habitat,” ujar Deputi Agung.

Menurut Deputi Agung, ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan terhadap sumber daya hayati tersebut, di antaranya adalah sampah plastik. Hal ini mengakibatkan sektor pariwisata menjadi terganggu, serta pencemaran terhadap ikan-ikan yang akhirnya berdampak buruk bagi manusia itu sendiri.

Sebagai tindak lanjutnya, penyelesaian masalah keragaman hayati ini bukan hanya sekedar menyelesaikan satu aspek saja, tapi harus semua aspek. Untuk itu, Deputi Agung meminta kepada Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk bersama-sama berintegrasi dan bersinergi untuk menangani permasalahan ini, agar menjadi lebih baik ke depannya.

“Saya sampaikan ini kepada K/L agar kita tidak berpikir secara bussines as usual, tetapi kita mempunyai konsep yang jelas. Harus terintegrasi antara K/L agar sumber daya hayati kita yang besar ini bisa menyejahterakan rakyat. Kita tidak bisa menyelesaikan dengan hanya kalimat jangan membuang sampah sembarangan. Untuk itu mari kita sama-sama membuka diri, kita sama-sama menyadari hal ini dan kita harus menyelesaikan semua aspek hulu dan hilir,” paparnya.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, Deputi Agung mengajak seluruh Kementerian/Lembaga terkait untuk bersama-sama membuat konsep tentang bagaimana menjaga keberagaman hayati yang ada di Indonesia.

“Tujuannya adalah bagaimana kita membuat konsep untuk keragaman hayati kita di Indonesia,” terang Deputi Agung.

Adapun dalam kegiatan ini, turut hadir Ms. Jihun Lee Coordinator Marine Programm, Perwakilan Dirjen Kawasan sumber Daya Alam dan Ekosistem, KLHK dan Dirjen Pengelola Ruang Laut KKP selaku Sekretaris Komite Nasional CTI – CFF Indonesia.

Depui2

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Narasi Tunggal Siaran Pers Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Maritim: Perlu Kerja sama K/L dalam Menjaga Keberagaman Hayati Indonesia