BeritaSiaran Pers

Kemenko Marves Adakan Pertemuan dengan Provinsi Jawa Barat Terkait Green Infrastructure Initiative

Dibaca: 36 Oleh Senin, 25 Oktober 2021November 5th, 2021Tidak ada komentar
1 2
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-696/HUM/ROKOM/SET.MARVES/XI/2021

Marves, Bandung – Kemenko Marves mengadakan pertemuan dengan Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil terkait dengan Green Infrastructure Initiative (GII) pada (25-10-2021). Pertemuan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat baik dari level pusat maupun provinsi, yakni Asisten Deputi Pengelolaan DAS dan Konservasi SDA M.Saleh Nugrahadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala BAPPEDA Jawa Barat Ferry Arif Sofwan, Kepala Dinas LH Jawa Barat Prima Mayaningtyas serta konsultan teknis serta financial untuk GII yaitu GIZ dan KfW.

Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan progres dari GII di Provinsi Jawa Barat. Dalam pembukaanya, M.Saleh Nugrahadi menyatakan apresiasinya kepada Provinsi Jawa Barat selaku provinsi mitra dari GII.

“Kami ingin mengucapkan apresiasi kepada Jawa Barat karena selalu aktif dalam rangkaian pembahasan mengenai GII,” ungkap Asdep Saleh.

Pertemuan lalu dilanjutkan oleh pemaparan mengenai proyek-proyek infrastruktur di Jawa Barat yang diusulkan untuk masuk ke dalam studi kelayakan awal GII. Proyek-proyek tersebut tercakup ke dalam tiga sektor, yaitu pengelolaan sampah padat, pengelolaan air dan air limbah, serta transportasi publik di perkotaan. Kepala BAPPEDA Jawa Barat Ferry Arif Sofwan memaparkan bahwa proyek yang diusulkan adalah proyek menjadi perhatian khusus baik di tingkat provinsi maupun nasional dan membutuhkan banyak dukungan. Beliau mengacu kepada Perpres No.45 Tahun 2018 mengenai Tata Ruang Perkotaan Cekungan Bandung yang diturunkan ke Pergub No.86 Tahun 2020 mengenai pengelolaan Cekungan Bandung. Dari empat poin penugasan dalam pergub tersebut, tiga diantaranya masuk ke dalam GII. Salah satu poin tersebut menegaskan pentingnya dukungan pada pengelolaan DAS Citarum.

Baca juga:  Menko Luhut : Pentingnya Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) terkait Pengelolaan Produk Hutan Berkelanjutan

“Kami melihat bahwa bagaimana kita dapat mendukung penanganan DAS citarum sebagaimana selama ini sudah menjadi perhatian dari Pak Gubernur dan pemerintah pusat, dimana Menko Marves sudah turun langsung, dengan harapan ultimate goals kita di tahun 2025 menuju mutu air kelas 2 bisa tercapai,”.

Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi adanya GII. Beliau menyatakan bahwa dengan adanya GII akan dapat membantu Provinsi Jawa Barat dalam menjadi yang terdepan dalam infrastruktur hijau. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa komitmen Provinsi Jawa Barat akan ditunjukkan dalam penugasan Satuan Tugas yang khusus untuk menyukseskan inisiatif besar ini.

“Kami akan membuat gugus tugas dimana tugas para staf fungsional maupun teknis dari Provinsi Jabar akan fokus dalam menyukseskan inisiatif ini di Jawa Barat yang total nilai investasinya sekitar 44T rupiah”

Beliau turut mengatakan pentingnya pendanaan infrastruktur transportasi yang datang dari negara, serta memprioritaskan infrastruktur transportasi di daerah Cekungan Bandung yang dinilai lebih tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga:  Kemenko Marves Kawal UMKM Beradaptasi dengan Digitalisasi

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel