BeritaFotoPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

(SP-29/HUM/ROKOM/MARVES/VI/2020) Kemenko Marves Adakan Sosialisasi Pengisian dan Pelaporan SPT Tahunan

Dibaca: 110 Oleh Rabu, 5 Februari 2020Juni 17th, 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Adakan Sosialisasi Pengisian dan Pelaporan SPT Tahunan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves– Setiap tahun wajib pajak baik badan ataupun orang pribadi perlu melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan. Saat ini proses pelaporan SPT Pajak dapat dilakukan secara online melalui aplikasi e-Filling Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online atau Penyedia Jasa Aplikasi (ASP) mitra resmi DJP. Jadi, setiap wajib pajak tidak perlu datang ke kantor pajak karena kini layanan perpajakan dipermudah dan dapat dilakukan secara digital.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melaksanakan sosialisasi dalam rangka pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun 2019 melalui e-Filling pada hari Selasa, 4 Februari 2020 di Kantor Marves, Jakarta. Acara ini mendatangkan narasumber dari KPP Pratama -Jakarta Menteng Satu. Kepala Biro Umum Tito Setiawan mengatakan bahwa “kegiatan ini sudah rutin diadakan setiap tahun, ini kita adakan lagi karena ada di antara kita pegawai-pegawai yang baru yang belum pernah mengikuti sebelumnya.”

“Dalam kegiatan ini kita dapat kesempatan untuk menanyakan langsung ke narasumber dari KPP Pratama Menteng Satu. Mudah-mudahan bisa selesai semua, kalau ada yang tidak mengerti masih bisa bertanya. Tentunya pengisian SPT ini merupakan kewajiban kita sebagai warga negara untuk melaporkan pajaknya. Oleh karena itu, kita mengadakan sosialisasi dan pengisian SPT ini secara bersama-sama, misalnya ada permasalahan bisa langsung diisi dan dibantu oleh narasumbernya dan narasumber kita termasuk kooperatif,” kata Karo Tito dalam pembukaannya.

Baca juga:  Plt Deputi Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Pimpin Rapat dengan UEA Tentang Mangrove

Account Representative untuk Penyuluhan KPP Pratama-Jakarta Menteng Satu Zainuddin mengatakan bahwa Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi sudah rutin mengundang KPP Pratama-Jakarta Menteng Satu untuk membantu pengisian dan pelaporan SPT tahunan dengan memberikan paparan terkait e-filling. Kemudian, dilanjutkan dengan tata cara pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi.

“Dari KPP Pratama-Jakarta Menteng Satu hadir di sini sifatnya membantu. Jadi, kami dari KPP membantu bagaimana cara untuk melaporkan pajak dan Kemenko Marves juga sebenarnya membantu kami untuk kepatuhan pelaporan SPT Tahunan,” kata Zainuddin.

Zainuddin juga menambahkan bahwa kerja sama antara KPP Pratama-Jakarta Menteng Satu dengan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait pelaporan SPT Tahunan sudah bagus. Antusiasme dari para pegawai Kemenko Marves juga sangat tinggi terlihat dari kehadiran para pegawai dalam sosialisasi ini.

“Saya kira cukup antusias, cukup banyak yang hadir dan itu menunjukkan bahwa kita memang warga negara yang taat untuk menyampaikan pajaknya (pelaporan pajak). Terutama kita sebagai PNS di Kemenko Marves dengan banyaknya yang hadir pada acara ini menunjukkan bahwa kita memiliki tanggung jawab masing-masing individu untuk melakukan pengisian SPT tahunan,” kata Karo Tito.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rakor Lanjutan Reklamasi di Kantor Maritim

Asisten Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Perlayaran, Perikanan dan Pariwisata Djoko Hartoyo menyambut baik adanya sosialisasi terkait pelaporan dan pengisian SPT tahunan ini. Apalagi dengan adanya petugas langsung dari KPP yang bisa memandu pengisiannya.

“Pertama ini bagus ya sejak awal dilakukan sosialisasi. Ini berguna untuk teman-teman yang baru pertama kali mengisi seperti CPNS. Selain itu juga bagi saya jika ada perlu ditanyakan atau sudah kita isi tapi mengalami kendala bisa ditanyakan langsung kepada petugas, sehingga apa yang kita isi ujungnya nihil dan bisa diproses. Kita masih punya waktu sampai dengan 31 Maret, tetapi kalau kita bisa diselesaikan sejak awal itu lebih bagus. SPT ini juga bagi teman-teman yang JPT Pratama maupun Madya digunakan juga untuk persyaratan bidding atau lelang jabatan. Memang sudah kewajiban kita sebagai ASN untuk mengisi SPT tahunan” kata Asdep Djoko.

Menurut salah satu peserta, Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Bagian Akuntabilitas Kinerja Biro Perencaan dan Informasi Nuzulia Yuaniva mengatakan bahwa sosialisasi semacam ini penting karena banyak yang belum paham terkait pengisian SPT tahunan.

Baca juga:  Menko Bidang Kemaritiman Membahas Penyusunan Sistem Reaksi Cepat Penanganan Bencana Alam Gempa dan Tsunami

“Tadi juga mau mengisi yang mana atau nomor yang harus dimasukkan masih bingung. Makanya dengan menghadirkan narasumber dari KPP ini juga membantu karena masih banyak yang masih bingung. Tahun lalu, kita tidak tahu yang diisi salah apa benar sehingga harus melakukan pembetulan sampai tiga kali,” kata Nuzulia.

Di akhir acara, Karo Tito berharap pengisian SPT Tahunan pegawai Kemenko Marves dapat selesai tanpa kendala. “Harapannya tentu bisa ditularkan ke teman-temannya yang lebih baru lagi untuk melakukan pengisian SPT secara rutin. Saya harapkan sebelum deadline kita lebih awal untuk melakukan pengisian ini,” tutup Karo Tito.

Biro Perencanaan dan Informasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Terkait

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel