BeritaFoto

Kemenko Marves Adakan Workshop Jurnalistik, Sesmenko Marves: Kuncinya Ada Pada Konten Informasi

Dibaca: 10 Oleh Rabu, 7 April 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Adakan Workshop Jurnalistik, Sesmenko Marves: Kuncinya Ada Pada Konten Informasi
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-229/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Jakarta, Kementerian atau lembaga pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam menyampaikan informasi kepada publik, tidak terkecuali Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Salah satu proses penyampaian informasi kepada publik, yaitu dengan melakukan pemberitaan yang mengacu pada kaidah jurnalistik yang tepat dan memiliki agen komunikasi yang berkompeten, juga profesional. Untuk itu, Biro Komunikasi Kemenko Marves mengadakan Workshop Teknik Jurnalistik secara daring pada lingkup internal Kemenko Marves. Hadir untuk membuka workshop ini, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Agung Kuswandono.

Dalam pembukaannya, Sesmenko Agung menjelaskan bahwa sebuah institusi pemerintahan harus selalu memberikan informasi yang kontennya mampu dipertanggungjawabkan. “Kuncinya adalah pada konten dari informasi yang kita berikan. Selalu ingat, bahwa Kemenko Marves merupakan lembaga publik, untuk itu pertanggungjawaban kita akan selalu diperlukan oleh publik,” kata Sesmenko Agung dalam pembukaannya (07-04-2021).

Selain Sesmenko Agung, Kepala Biro (Karo) Komunikasi Andreas Dipi Patria juga menyatakan bahwa workshop ini menjadi cara untuk meningkatkan kompetensi dari agen komunikasi dari Kemenko Marves kepada publik.

Baca juga:  Kemenko Marves Kawal Isu Perpajakan Pembangunan Infrastruktur PSN

“Agen komunikasi bukan hanya Humas, tetapi juga seluruh pegawai dari Kemenko Marves. Maka dari itu, workshop ini diperlukan bagi kita semua. Pembuatan berita menjadi fokus dalam workshop ini,” ujar Karo Komunikasi Andreas.

Workshop ini mengundang narasumber seorang wartawan dari media Liputan6.com Harun Mahbub. Beberapa materi yang diajarkan, yaitu terkait fungsi penting dari berita yang disebarkan oleh Kemenko Marves kepada publik, prinsip dari siaran pers, dan pentingnya news value.

“Selalu ingat news value atau nilai dari sebuah pemberitaan yang diberikan kepada publik ataupun media. Jika tidak memiliki nilai, lebih baik tidak perlu,” ungkap Harun Mahbub saat memberikan pemaparannya.

Selain itu, workshop ini juga mengajarkan pentingnya memperhatikan sudut pandang pemberitaan atau angle, garis besar pemberitaan yang ingin ditulis atau outline, penulisan, cara menyunting atau editing, dan subjek yang diberitakan.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan seluruh pegawai Kemenko Marves yang juga merupakan agen komunikasi kepada publik mampu mulai memahami pentingnya pemberitaan cepat, tepat, dan mampu dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Baca juga:  Perkuat Koordinasi Platform Jejaring Digital Rumput Laut, Kemenko Maritim Bahas Pembentukan hingga Rilis Tropical Seaweed Innovation Network (TSIN)

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel